kumparan
19 Feb 2019 13:20 WIB

PKS: Penetapan Cawagub DKI Butuh Chemistry

Humas PKS DKI Zakaria Maulana Alif. Foto: Moh Fajri/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan nama cawagub DKI yang akan mendampinginya bisa diserahkan pekan ini. Ketua Bidang Humas DPW PKS DKI, Zakaria Maulana Alif mengaku sudah mengetahui keinginan Anies.
ADVERTISEMENT
Ia mengungkapkan saat ini PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung sedang membahas kemungkinan waktu pengajuan nama cawagub DKI ke Anies untuk dilanjutkan ke DPRD DKI.
“Ini tadi sudah diomongin, jadi masih dikomunikasikan di antara mereka antara DPW dan DPD masing-masing. Pekan-pekan inilah,” kata Zakaria di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa, (19/2).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (11/2). Foto: Jamal Ramdhan/kumparan
Zakaria menjelaskan, ketiga nama cawagub DKI yang ikut fit and proper test yaitu Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurrahman Suhaimi masih dipertimbangkan. Dari ketiga nama tersebut, kata Zakaria, sudah ada penilaian masing-masing individu. Namun, Zakaria tidak mau mengungkapkan siapa yang paling unggul di antara ketiganya.
“Jadi apa namanya penetapan hal-hal seperti ini kan butuh nanti chemistry, kesesuaian-kesesuaian gitu ya. Memang agak rumit, dalam politik ini bisa yang satu jadi nomor tiga, yang tiga jadi nomor dua, dua jadi nomor satu. Yang penting rekomendasi fit and proper test sudah berlaku,” ujar Zakaria.
Dua Kandidat Calon Wakil Gubernur DKI Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Foto: Facebook/@H. Agung Yulianto SE, Ak. MKom
Lebih lanjut, Zakaria menginginkan proses penentuan cawagub DKI yang berlarut-larut pembahasannya bisa segera rampung. Untuk itu, ia menegaskan tidak akan ada perubahan atau penambahan nama Cawagub yang akan diajukan.
ADVERTISEMENT
“Kemarin Pak Taufik juga ngomong enggak ada (penambahan nama), di tiga nama itu saja enggak akan keluar gitu saja, karena kan masyarakat juga melihat ini sudah terlalu lama. Hampir 7 bulan dan ini bukan main-main masalah cawagub ini kan,” tutur Zakaria.
Sebelumnya PKS telah mengumumkan dua nama Cawagub yang diajukan yaitu Agung dan Syaikhu. Namun dua nama itu batal diajukan karena belum mendapatkan persetujuan dari Gerindra. Gerindra meminta nama Cawagub yang akan diajukan dibahas lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan