kumparan
5 Mei 2018 9:55 WIB

PM Jacinda Ardern Turun Tangan agar Selandia Baru Ada di Peta

Video
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern turun tangan agar negaranya selalu masuk dalam peta. Pasalnya banyak peta dunia yang dipajang di berbagai tempat namun tidak memasukkan Selandia Baru di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Diberitakan AFP, Sabtu (5/5), Ardern ikut menjadi bintang dalam iklan promosi wisata oleh Departemen Pariwisata Selandia Baru. Dalam iklan tersebut, komedian Rhys Darby menyadari Selandia Baru selalu hilang dari peta.
Di antaranya pada peta yang dipajang di toko Ikea, Starbucks, hingga Kebun Binatang Central Park di New York. Menurut Darby, ini adalah konspirasi jahat untuk merusak popularitas Selandia Baru, dilakukan oleh negara-negara pesaing seperti Australia atau Inggris.
Selandia Baru Keluarkan Visa hanya dalam 3 Hari (Foto: Thinkstock)
"Australia ingin mencuri turis kita, Inggris ingin menyingkirkan All Blacks (tim rugby-red) dan industri wine, mereka tidak bisa mengalahkan pinot atau sav kita," kata Darby kepada Ardern.
Awalnya Ardern, dalam iklan itu, mengabaikan racauan Darby. Namun dia menjadi serius setelah melihat tidak adanya Selandia Baru di gambar peta dunia di kantornya sendiri.
ADVERTISEMENT
"Kita butuh bantuan," kata Ardern.
Bagi yang tidak tahu, Selandia Baru terletak di bagian tenggara Australia. Saking seringnya negara ini hilang dari peta, ada situs khusus untuk itu bernama worldmapswithoutnz dan tandapagar #getNZonthemap di Twitter.
Dalam situs itu, Selandia Baru bahkan hilang dari peta di Bandara Internasional Pyongyang di Korea Utara.
Peta Selandia Baru. (Foto: Google map)
Menurut Kepala Departemen Pariwisata Selandia Baru, Stephen England-Hall, iklan jenaka itu demi menyampaikan pesan bahwa negaranya terlupakan dari peta. Sekaligus, iklan tersebut jadi promosi Selandia Baru sebagai destinasi liburan.
"Tidak bisa dibayangkan Selandia Baru hilang dari peta dunia," kata England-Hall.
"Selandia Baru lebih besar dari Inggris. Ukuran kami dua pertiga Jepang dan Jerman. Kami punya danau sebesar Singapura, pegunungan yang lebih luas dari Alpen di Eropa, dan garis pantai yang lebih panjang dari California," kata dia lagi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan