kumparan
22 Jan 2019 15:37 WIB

Polda Jatim Periksa Aldira Chena Terkait Kasus Prostitusi Artis

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Frans Barung Mangera. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
Artis Aldira Chena memenuhi panggilan Polda Jatim untuk diperiksa sebagai saksi kasus prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel, Senin (21/1). Jika dibandingkan sejumlah artis lainnya, pemeriksaan yang dilakukan kepada Aldira terhitung singkat, hanya sekitar empat jam saja.
ADVERTISEMENT
"Kalau dia hanya menyangkut masalah komunikasi awal, pendek ya (pemeriksaannya)," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi, Selasa (22/1).
Frans menjelaskan, Aldira telah melalui tiga tahap pemeriksaan sesuai data digital forensik yang diperoleh polisi. Salah satunya adalah data mengenai komunikasi awal chatting dan masalah transaksi keuangan yang menyangkut perbincangan tersebut.
"Kemudian, apakah ditemukan digital forensik mengenai transaksi keuangan yang menyangkut perbincangan yang bersangkutan di komunikasi awal. Ketiga, di mana terjadinya komunikasi awal, sekaligus transaksi keuangan, dan tempat terjadinya prostitusi," jelasnya.
Menurutnya, pemeriksaan bisa berlangsung lama jika saksi tersangkut di tiga tahapan pemeriksaan tersebut. Namun, Frans menyebut, Aldira hanya terbukti melakukan komunikasi awal saja.
"Yang lama itu kalau dia tersangkut ketiga-tiganya, ada komunikasi awal, ditemukan digital forensi mengenai transaksi, dan tempat terjadinya prostitusi. Kalau dia komunikasi, terus enggak jadi, kan gampang selesai itu," tutur Frans.
ADVERTISEMENT
Aldira dan lima orang artis lainnya, Maulina Lestari, Baby Shu, Fatya Ginanjasari, Riri Febriati, dan Tiara Permatasari disebut-sebut terlibat dalam prostitusi online. Namun, hingga saat ini, hanya Fatya Ginanjasari dan Aldira Chena yang memenuhi panggilan pemeriksaan tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan