Pencarian populer
Polling: Debat Pilpres Pertama Usai, Pilih Jokowi Atau Prabowo?
Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf dan nomor urut 02 Prabowo-Sandi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Debat perdana Pilpres 2019 telah berakhir. Capres nomor urut 01 dan 02, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, mendominasi jalannya debat yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam.
Beberapa momen menarik muncul dalam debat tersebut. Pertama, Jokowi dan Prabowo beberapa kali saling serang. Jokowi mengawali serangan dengan minimnya representasi pengurus perempuan di Partai Gerindra. Padahal, dalam visi-misi Prabowo, salah satu fokus utamanya adalah pemberdayaan perempuan.
Serangan lainnya, Jokowi menyinggung soal banyaknya caleg eks koruptor dari Gerindra. Padahal, menurut dia, saat pemberian rekomendasi, Prabowo sebagai ketum harusnya sadar dan tidak meloloskan bakal caleg tersebut. 'Serangan' Jokowi ini sempat membuat perdebatan ramai. Prabowo merespons Jokowi dengan menyebut belum pernah mendapat laporan ICW soal banyaknya caleg eks koruptor dari Gerindra.
Tak hanya itu, Prabowo dan Sandi juga beberapa kali melontarkan 'amunisi' ke Jokowi. Salah satunya soal banyaknya pejabat di pemerintahaan Jokowi-JK yang berasal dari parpol. Paslon nomor urut 02 itu mempertanyakan konflik kepentingan yang muncul sebagai imbas pejabat dari parpol.
Prabowo juga mempertanyakan soal ketidakkompakan di tubuh Kabinet Kerja Jokowi. Menurut dia, harusnya kabinet solid dan tidak saling berperang soal kebijakan tertentu. Jokowi menilai hal ini hanyalah sebuah dinamika.
Aksi lucu juga sempat ditampilkan para paslon. Prabowo sempat berjoget ketika 'diserang' Jokowi. Untuk menenangkan Prabowo, Sandi langsung berjalan ke belakang Prabowo dan memijatnya. Aksi ini mengundang tawa.
Belum lagi, ketika Jokowi yang duluan 'nyamperin' Prabowo-Sandi untuk bersalaman meski moderator belum memberi tanda bahwa debat sudah berakhir.
Bagaimana Anda sudah punya pilihan usai debat perdana ini?
9443 Voters
Polling: Debat Pilpres Pertama Usai, Pilih Jokowi Atau Prabowo?
Jokowi-Ma'ruf Amin
26.06%
Prabowo-Sandi
69.34%
Belum Menentukan Pilihan
4.60%
Polling Selesai
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: