kumparan
19 Jul 2019 13:25 WIB

Prabowo Bentuk Tim Tentukan Pimpinan DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten

Prabowo di Rakernas DPP Gerindra Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menggelar rapat tertutup bersama jajaran dewan pembina lainnya. Selain membahas dinamika dan sikap politik partai ke depan, rapat tersebut juga membahas hasil pileg.
ADVERTISEMENT
Salah satunya, pembahasan soal siapa saja kader yang akn diplot menduduki jabatan strategis yaitu pimpinan DPR serta pimpinan DPRD provinsi dan kabupaten kota.
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo selaku ketua dewan pembina memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa saja kader Gerindra yang layak menduduki jabatan tersebut.
"Berdasarkan anggaran dasar, kewenangan untuk menetapkan pimpinan DPR RI, ketua DPRD provinsi, wakil ketua DPRD provinsi, ketua DPRD kabupaten kota, wakil ketua DPRD kabupaten kota adalah wewenang ketua dewan pembina," kata Muzani di kediaman Prabowo, Padepokan Garuda Yaksa, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7).
"Oleh karena itu kita bentuk tim untuk menseleksi nama-nama yang dimaksud untuk menempati posisi strategis di DPR RI, provinsi dan kabupaten kota," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil suara pemilihan legislatif yang sudah ditetapkan KPU, Gerindra mendapat sejumlah kursi pimpinan yang variatif jumlahnya baik di DPR RI maupun DPRD provinsi dan kabupaten kota.
Politisi Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Berdasarkan keputusan KPU kita punya 78 anggota DPR terpilih dan 2.245 anggota provinsi dan kabupaten kota di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu kita menempatkan 1 orang wakil ketua DPR RI, 3 orang ketua DPRD provinsi, 50 ketua DPRD kabupaten/kota," jelas Muzani.
"Dan ada kurang lebih 164 wakil ketua DPRD kabupaten kota, dan 22 wakil ketua DPRD provinsi," lanjut Muzani.
Selain itu, Dewan Pembina Gerindra juga sepakat melakukan konsolidasi internal secara menyeluruh. Baik di tingkat legislatif, kader dan struktur partai.
ADVERTISEMENT
"Di tingkat legislatif kita akan adakan upgrading dan pertemuan, bagi peningkatan mutu dan peningkatan kualitas anggota dewan agar fungsi kedewanan dapat dilakukan dengan baik," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·