Pencarian populer

Prabowo: Jangan Langsung Percaya, Banyak Pelaku Kumpul di Dunia Intel

Prabowo Subianto berkunjung ke Kompleks Parlemen Foto: ANTARA FOTO/Meli Pratiwi

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menjelaskan pentingnya keahlian menyusun strategi dalam mengelola negara. Berdasarkan pengalamannya, dalam mengelola konflik dan juga negara, ilmu-ilmu kemiliteran seperti intelijen, dan ilmu perang sangatlah dibutuhkan.

Hal ini disampaikan Prabowo saat berpidato di acara silaturahmi bersama Aliansi Pencerah Indonesia (API) yang merupakan eksponen Muhammadiyah se-Indonesia, Minggu (3/3).

"Saya belajar ilmu perang, ilmu intel, ilmu sandi yudha, karena saya mengerti paham pelaku," kata Prabowo di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, ilmu-ilmu tersebut dibutuhkan untuk menganalisa adanya suatu masalah. Misalnya, ketika ada sebuah kejadian serangan teror, insiden tersebut tidak bisa dilihat sebagai suatu peristiwa saja.

"Kalau ada kejadian, jangan serta merta percaya pada kejadian. Karena banyak otak-otak pelaku berkumpul di dunia intel," jelas Prabowo.

Aksi atau serangan teror yang selalu terjadi, misalnya kata Prabowo, selalu diidentikan dengan Islam. Padahal, kata Prabowo bisa saja itu pihak di luar Islam yang ingin memecah belah.

"Umpama, ada aksi teror, langsung dicap melalukan adalah Islam. Padahal belum tentu. Kadang di suatu negara ada Islam Sunni, Islam Syiah, nanti ada pihak ketiga, bom masjid Sunni, dan bom masjid Syiah. Itu klasik, namanya itu pecah belah. Itu yang saya lihat," kata Prabowo.

Prabowo kemudian mengkaitkan fenomena krisis tahun 1998-1999 lalu. Menurutnya, yang terjadi pada saat itu bukan benar-benar krisis. Ada sesuatu di balik peristiwa tersebut. Namun, Prabowo tak merinci apa yang sebenarnya ia maksud.

"Makanya tahun 98, saya temukan fenomena ini. Ternyata kekayaan kita terus mengalir ke luar. Tahun 98-99 saya dapat pencerahan, dibilang ada krisis ekonomi, tapi saya lihat angka-angka, tidak ada krisis," kata Prabowo.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: