Pencarian populer

Prabowo Sesalkan Insiden Pembakaran Bendera Tauhid

Capres Prabowo Subianto menghadiri acara deklarasi relawan Rhoma Irama for PAS di Depok. Dok. Raga Imam/kumparan (Foto: Raga Imam)

Capres Prabowo Subianto berharap polemik pembakaran bendera bertuliskan tauhid di Garut, Jawa Barat, bisa diselesaikan dengan baik. Bendera yang diketahui identik dengan ormas HTI ini dibakar oleh oknum Banser saat acara Hari Santri Nasional, Senin 22 Oktober 2018 silam.

"Ya, tentunya kita sangat menyesal ya. Jadi kita harap untuk menyelesaikan ini sebaik-baiknya," kata Prabowo si Soneta Studio, Depok, Jawa Barat, Minggu (28/10).

Kejadian tersebut bermula saat Uus Sukmana membawa bendera tersebut di acara Hari Santri Nasional. Karena merasa itu adalah bendera HTI, tiga orang anggota Banser lalu mengamankan Uus dan menyita bendera tersebut lalu membakarnya. Apalagi sudah ada kesepakatan hanya bendera merah-putih saja yang boleh dibawa.

Namun, video pembakaran bendera tersebut menjadi viral di media sosial. Masyarakat yang mengecam pembakaran bendera tersebut lalu menggelar aksi bela tauhid di sejumlah kota di Indonesia.

Bahkan, beredar video pengibaran bendera berkalimat tauhid di halaman kantor DPRD Poso. Aksi serupa juga terjadi di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Timur di Samarinda pada hari yang sama.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38