kumparan
5 Sep 2019 22:36 WIB

Prabowo soal Konflik Papua: Kita Harus Kompak Dukung Pemerintah

Prabowo Subianto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membahas konflik Papua dengan Ketua Dewan Kehormatan PKPI AM Hendropriyono dalam pertemuan yang digelar tertutup selama kurang lebih dua jam. Prabowo mengatakan, penting bagi dirinya untuk berdiskusi dengan tokoh senior seperti Hendro terkait masalah kebangsaan seperti persoalan di Papua.
ADVERTISEMENT
Menurut dia, semua masyarakat saat ini harus kompak mendukung pemerintah dalam menyelesaikan konflik di Papua dan menjaga persatuan dan kesatuan. Selain itu, Prabowo mengaku akan memberikan saran kepada pemerintah terkait penyelesaian konflik di Papua.
"Saya kira banyak yang akan kita beri pandangan-pandangan ya. Semua kita cari sesuatu yang konstruktif. Yang saya serukan adalah kita harus kompak mendukung pemerintah dalam soal kedaulatan, tidak ada perbedaan pandangan. Kita semua bersatu," kata Prabowo di kediaman Hendro, Senayan Residence, Jakarta, Kamis (5/9).
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Dewan Kehormatan PKPI AM Hendropriyono. Foto: Ricad Saka/kumparan
Kemudian, lanjut Prabowo, menyelesaikan masalah di Papua harus dengan kepala dingin. Tidak boleh saling menyalahkan.
"Sebagai bangsa harus kompak, harus sejuk, saling bantu jangan saling mencari kesalahan. Mari kita bersama-sama, kita atasi semua masalah, saya yakin tidak benar kalau ada yang mau mecah belah saudara kita di Papua," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Terkait dengan apakah pemerintah perlu membangun dialog dengan tokoh adat secara langsung, Prabowo enggan merespons. Tapi dia meyakini pemerintah sudah menyiapkan strategi untuk menyelesaikan masalah Papua.
"Saya yakin pemerintah sudah merancang yang terbaik," tutup Prabowo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan