Pencarian populer

Presiden Korsel dan PM Jepang Gembira dengan Hasil Pertemuan Kim-Trump

Shinzo Abe dan Moon Jae-in. (Foto: Reuters/Issei Kato dan Seo Myeong-gon /Yonhap via REUTERS)
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un telah menandatangani dokumen kesepakatan. Pemimpin dua negara tetangga Korut yakni Presiden Korsel Moon Jae-in dan PM Jepang Shinzo Abe mengutarakan kegembiraannya atas kesepakatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Di antara kesepakatan yang diperoleh dalam pertemuan Trump dan Kim adalah denuklirisasi dan upaya perdamaian Korea.
Presiden Moon mengatakan pihaknya siap memulai sejarah baru dengan Korea Utara. Ia memuji sikap Kim Jong-un dalam pertemuan dengan AS itu.
"Meninggalkan hari-hari kelam yang penuh dengan konflik dan perang, kami akan memulai lembaran baru dari perdamaian dan kerja sama," terang Moon dalam pernyataan resmi yang dirilis Kantor Kenegaraan Blue House, dilansir Reuters, Selasa (12/6).
Moon juga menyatakan siap mendampingi Korut di tiap prosesnya.
Di sisi lain Moon menyebut akan meminta penjelasan terkait pernyataan Trump yang akan menghentikan latihan militer AS-Korsel. "Pada saat ini, kami harus memperjelas maksud dari pernyataan Presiden Trump," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menilai perundingan Trump-Kim sebagai langkah baru dari denuklirisasi. "Kami melihat ini sebagai langkah yang komprehensif," sebut Abe.
Ia juga menyinggung soal kasus penculikan sejumlah warga Jepang oleh Korut yang sudah terjadi selama lebih dari 20 tahun. Mereka diculik untuk dijadikan mata-mata.
"Saya berterimakasih kepada Presiden Trump yang telah membahas soal kasus penculikan," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86