Pencarian populer

Presiden Meksiko Mengaku Tak Punya Rumah dan Kendaraan Pribadi

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)

Presiden Meksiko Anres Manuel Lopez Obrador mengaku kepada wartawan bahwa dirinya tidak memiliki rumah, kendaraan, ataupun properti pribadi.

“Uang tidak pernah membuatku tertarik, aku berjuang demi cita-cita, demi prinsip,” kata Lopez saat konferensi pers, dilansir dari Reuters, Sabtu (5/1).

Hal ini ia sampaikan karena di bawah sistem baru, setiap pejabat federal di Meksiko diwajibkan untuk mengungkapkan secara rinci pendapatan dan setiap aset miliknya, termasuk keluarganya.

Saat paparan, Lopez Obrador mengungkapkan ia memiliki pendapatan perbulan sebesar 108.744 peso (Rp 155 juta) dan memiliki tabungan senilai 446.068 peso (Rp 312 juta). Bahkan, ia juga mengaku tidak memiliki kartu kredit.

Sang Presiden mengatakan bahwa aset utamanya saat ini hanyalah properti di negara bagian selatan Chiapaz. Properti tersebut pun diakui berasal dari warisan orang tuanya, dan saat ini terdaftar atas nama anak-anaknya. Seluruh aset miliknya berupa mobil, karya seni, rumah, dan benda berharga lain juga ia akui berada dibawah nama istrinya.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: REUTERS/Ginnette Riquelme)

Pernyataan Lopez tersebut pun langsung mengundang beberapa pertanyaan dan kritik. Salah satu lembaga think thank di Meksiko, IMCO, menilai politisi sayap kiri tersebut telah mengalihkan kekayaan mereka atas nama kerabatnya.

Mantan Presiden Meksiko Vicente Fox, yang merupakan pedukung kandidat lain dalam pemilihan itu, turut pula menyampaikan kritik terhadap pernyataan Lopez tersebut.

"Hanya neneknya yang bisa percaya ini," tulis Fox dalam sebuah cuitan di Twitter. "Bangun, Meksiko!" katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63