kumparan
31 Des 2018 10:36 WIB

PSI Klaim Semakin Populer

Ketua Umum PSI Grace Natalie (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (kiri) ketika menghadiri Festival 11 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/12). (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Minat pengguna internet di Indonesia untuk mencari informasi tentang Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meningkat tajam dalam beberapa waktu terakhir.
ADVERTISEMENT
Dalam penelusuran di Google, tren meningkatnya pencarian informasi tentang PSI ini terlihat dari kecenderungan yang direkam oleh ‘Google Trends’ dalam 90 hari terakhir.
“Pencarian kata kunci ‘PSI’ terlihat jelas meningkat pesat dalam dua bulan terakhir, terutama beberapa saat setelah PSI menyampaikan sikap-sikap politiknya dalam Festival 11,” ujar juru bicara PSI bidang Teknologi Informasi, Sigit Widodo, dalam siaran pers, Senin (31/12).
Pada 11 November 2018, Ketua Umum PSI Grace Natalie, pada Festival 11 di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Banten, menyampaikan sikap politik PSI yang akan dengan tegas mendukung pemimpin-pemimpin reformis di tingkat pusat dan daerah, mencegah penghamburan uang rakyat di DPR-RI, dan menolak Perda-perda agama yang diskriminatif. Google Trends mencatat, lonjakan tertinggi kata kunci “PSI” terjadi pada 14-15 November 2018, tiga hari setelah pernyataan politik PSI tersebut.
ADVERTISEMENT
“Google Trends mencatatkan skor 99 pada 14 November dan skor 100 pada 15 November 2018 untuk kata kunci ‘PSI’. Ini angka tertinggi dalam skala Google Trends,” papar Sigit.
Sigit yang sebelum bergabung dengan PSI menjabat sebagai Direktur Operasional Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ini menjelaskan, Google Trends menghitung popularitas relatif sebagai rasio dari volume query pencarian terhadap jumlah total semua pencarian. 100 merupakan nilai maksimal untuk skala popularitas relatif ini.
“Jadi kasarnya, hampir semua orang di Indonesia mencari dengan kata kunci ‘PSI’ di dua hari itu,” jelas Sigit.
Tingginya pencarian kata kunci “PSI” melalui mesin pencari Google, menurut Sigit layak disambut dengan baik. Artinya, kata dia, masyarakat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada PSI, walaupun tentunya tidak semua mencari dalam konteks yang positif.
ADVERTISEMENT
Sigit menyebutkan, memang ada beberapa kata kunci negatif terkait PSI seperti anti-syariah, anti-agama, hingga pencarian foto Ketua Umum PSI Grace Natalie yang dimanipulasi seolah-olah tengah berpose seksi.
“Namun pencarian dengan kata kunci positif dan netral jauh lebih banyak,” jelas Sigit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·