Pencarian populer

PSI: OTT Romahurmuziy Bukti Penegakan Hukum Jauh dari Tebang Pilih

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (kedua dari kanan) menghadiri acara pembukaan Rapimnas IV. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK di Sidoarjo pagi tadi dan hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Timur. Partai sesama koalisi Jokowi-Ma'ruf, PSI, terkejut dengan penangkapan.

"Kami terkejut atas pemberitaan OTT Mas Romy. PSI menganggap ini kasus hukum dan meminta KPK untuk bekerja secara profesional menangani kasus ini secara tuntas," Juru Bicara Hukum PSI, Rian Ernest, dalam rilisnya, Jumat (15/3).

Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Rian mengatakan, peristiwa ini menunjukkan bahwa penegakan hukum dan pemberantasan korupsi berjalan baik di negeri ini, sekaligus membantah tuduhan adanya 'tebang pilih'.

"Jauh dari 'tebang pilih' seperti yang dituduhkan kepada Pak Jokowi. Tidak ada perlindungan hukum yang dilakukan Pak Jokowi kepada siapa pun yang bermasalah secara hukum," papar Rian.

Tak hanya itu, Rian menyebut kasus ini --mesti belum ada informasi lengkap, menunjukkan lemahnya komitmen partai politik terhadap pemberantasan korupsi.

"Pidato ketum PSI, Grace Natalie, benar bahwa komitmen pemberantasan korupsi di tubuh partai politik sangat lemah," imbuhnya.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kabar penangkapan ini dibenarkan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo. "Betul ada giat (kegiatan-Red) KPK di Jatim," kata Agus saat ditanya mengenai penangkapan Romahurmuziy, Jumat (15/3).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, menjelaskan Romy ditangkap KPK di Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, di Sidoarjo.

"Pukul 09.00 WIB, Ketua Umum PPP Romahurmuzy terkena OTT KPK," kata Frans saat dikonfirmasi kumparan.

Frans tak membantah saat ditanya apakah lokasi penangkapan Romi di Kakanwil Kemenag, Jalan Raya Juanda Gedangan, Sidoarjo, seperti yang ramai diisukan.

Pihak Kakanwil Kemenag Jatim sendiri sudah membantah soal lokasi penangkapan di tempatnya. Sementara itu, beberapa pengurus PPP yang dikonfirmasi mengaku belum mengetahui kabar penangkapan ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: