Pencarian populer

PSI Sindir Prabowo, Sandi, dan Andi Arief dengan Kebohongan Award

Dara Nasution (kiri), Raja Juli Antoni (tengah), Tsamara Amany (kanan). (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar acara pemberian penghargaan 'Kebohongan Award Awal Tahun 2019' kepada tiga tokoh politik yakni pasangan calon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno serta Wasekjen Demokrat Andi Arief.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan, pemberian 'hoaks award' itu lantaran ketiganya telah memunculkan hoaks besar di awal tahun 2019. Rentetan berita bohong itu dianggap PSI sebagai bencana tsunami hoaks yang melanda Indonesia di tahun politik.

"(Awal) tahun baru 2019 ini kita sudah diserang oleh tsunami hoaks, tsunami fitnah, dan dalam konteks itu DPP PSI merasa perlu untuk memberikan kebohongan award kepada 3 orang produser hoaks di negeri ini," ujar Raja Juli di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (4/1).

Hoax awards PSI. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Di tempat yang sama, Ketua DPP PSI Tsamara Amany mengatakan, penghargaan hoaks untuk Prabowo diberikan lantaran eks Danjen Kopassus itu dianggap melontarkan kebohongan yang berlebihan. Kebohongan yang dimaksud tentang pernyataan Prabowo yang menyebutkan satu selang cuci darah di RSCM dipakai 40 pasien.

"Pada faktanya dan pada kenyataannya, RSCM sudah membantah bahwa itu hanya sekali dipakai. Jadi ini kebohongan yang senyata-nyatanya kebohongan, dan selebay-lebaynya kebohongan, karena tidak bisa kita mengatakan sesuatu hanya berbasis 'saya dengar' kata Pak Prabowo," ujar Tsamara.

Hoax awards PSI. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Sementara itu penghargaan untuk Sandiaga, kata Tsamara, disebabkan eks Wagub DKI Jakarta itu dianggap berbohong soal tol Cipali yang dibangun tanpa utang.

"Kita tahu Pak Sandi bilang bahwa Tol Cipali tuh beliau bangun tanpa utang. Kenyataannya ada pinjaman dari beberapa bank. Jadi itu sudah jelas faktanya bahwa ada pinjaman dari beberapa bank sekitar Rp 8,8 triliun. Lagi-lagi kebohongan yang diproduksi oleh Pak Sandiaga Uno," tuturnya.

Terakhir penghargaan diberikan kepada Andi Arief terkait cuitan 7 kontainer yang berisi surat suara tercoblos. PSI menyebut pernyataan Andi Arief itu hanya halusinasi belaka karena isu tersebut nyatanya tidak benar.

"Kejadiannya sudah dilaporkan ke Bareskrim dan harusnya Pak Andi sebagai pihak yang menuduh mampu membuktikan. Dan karena beliau tidak mau membuktikan kita katakan ini halusinasi yang nyata," ketusnya.

Dara Nasution (kiri), Raja Juli Antoni (tengah), Tsamara Amany (kanan). (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Tsamara menyebut ketiganya akan menerima trofi dan piagam hoaks. Trofi dan piagam untuk Prabowo dan Sandi akan dikirim ke kantor pemenangan paslon nomor urut 02 itu menggunakan ojek online. Sedangkan trofi dan piagam milik Andi Arief akan dikirim PSI ke kantor DPP Partai Demokrat.

Adapun terkait tol Cipali yang dibangun tanpa utang, Sandi telah memberikan klarifikasinya. Ia tidak menampik perusahaannya melakukan peminjaman ke pihak lain untuk membangun jalan bebas hambatan itu.

Sandiaga Uno dalam dialog milenial di Kopi Kita samping eks MTQ Kendari, Sulawesi Tenggara. (Foto: Dok. Tim Media Sandiaga Uno)

Hanya saja, kata Sandi, pinjaman yang dilakukan perusahaannya tidak membebani negara karena pola pembiayaan yang dilakukan adalah kemitraan dengan badan usaha.

“Cipali kan itu murni swasta dan pemerintah hanya menyiapkan soal tanah. Semua keuangan di-handle swasta,” kata Sandi.

Cuitan Andi Arief soal 7 kontainer surat suara tercoblos. (Foto: Istimewa)

Sementara itu Andi Arief membantah sebagai penyebar hoaks 7 kontainer berisi surat suara tercoblos. Andi Arief justru heran karena cuitan dia bermaksud untuk mengingatkan adanya kabar beredar yang perlu dicek. Lagi pula cuitan Andi itu sudah mewanti-wanti agar info ini tak jadi fitnah.

"Kalau saya mengingatkan aparat supaya cepat bertindak malah dipolisikan, lucu benar negeri ini," ucap Andi melalui akun Twitternya, Kamis (3/1).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22