• 1

Puncak Arus Mudik dan Macet yang Menggila di Beberapa Ruas Jalan

Puncak Arus Mudik dan Macet yang Menggila di Beberapa Ruas Jalan


Mudik 2018 macet di Cikampek

Pemudik terjebak macet di Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Arus mudik Lebaran 2018 menggila sejak Selasa (12/6) malam hingga Rabu (13/6). Arus lalu lintas di sejumlah tol maupun jalan arteri mengalami kemacetan parah, bahkan hingga puluhan kilometer.
Sejumlah upaya dilakukan kepolisian untuk mengurai kepadatan ini. Tapi, usaha itu belum juga bisa mengurai kepadatan lalu lintas secara signifikan.
Puncak arus mudik ini memang sudah diprediksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini dinamakan puncak arus mudik lebaran jilid II. Dikutip dari rilis Tim Siaga Sapta Taruna PUPR, puncak arus mudik ke dua jatuh pada 12 hingga 13 Juni.
"Diprediksi akan ada puncak mudik ke-2 pada tanggal 12 atau 13 Juni. Kami juga telah menyiapkan 588 Posko Siaga Sapta Taruna seluruh Indonesia di Jalan Nasional," ucap rilis tersebut, Senin (11/6).
Berikut titik macet menggila di sejumlah jalur mudik.
1. Tol Jakarta-Cikampek

Gerbang Tol Cikarang Utama

Gerbang Tol Cikarang Utama padat. (Foto: TMC Polda Metro Jaya ‏ Akun terverifikasi)
Ruas tol Jakarta-Cikampek hampir pasti dilalui para pemudik yang menuju ke sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tak ayal, hal ini membuat ruas tol ini padat.
Kepadatan sudah terjadi di Tol Cikampek sejak Selasa (12/6) malam. Antrean kendaraan terus mengular baik dari pintu tol Cikarang Utama atau di sejumlah rest area usai melintasi pintu tol itu.
Bahkan, semakin malam kemacetan semakin parah. Ekor antrean kendaraan sampai Cikunir, Kampung Rambutan, Cawang, hingga Semanggi. Petugas kepolisian sampai merekayasa lalin dengan cara mengalihkan kendaraan keluar pintju Cikarang Barat. itu belum termasuk upaya contraflow yang terus diperpanjang hingga KM 29-KM 61. Tapi, tetap saja arus kendaraan pada Rabu (13/6) masih padat.
2. Tol Cipali
Sejak diresmikan, Tol Cipali sama pentingnya dengan Tol Cikampek bagi pemudik. Namun, Tol Cipali terus padat karena volume kendaraan yang meningkat. Bahkan, semua rest area di tol ini penuh.
Saking padatnya tol, polisi sempat menutup akses masuk Tol Cipali pada Rabu (13/6) 04.32 WIB. Kendaraan dari Tol Cikampek dialihkan menuju jalan arteri Pantura melalui simpang Jomin.
3. Tol Dalam Kota
Tol Dalam Kota tidak lepas dari imbas kemacetan saat mudik Lebaran 2018. Kemacetan di Tol Dalam Kota paling parah dirasakan pada Selasa (12/6) 23.50 WIB. Ekor kemacetan dirasakan sampai Semanggi.
Karena itu, polisi terpaksa menutup pintu Tol Semanggi 1, Semanggi 2, Kuningan 1, dan Tebet 1. Pemudik yang ingin melalui jalan tol harus masuk melalui pintu tol Halim.
Arus kendaraan sedikit lancar pada Rabu (13/6) pagi. Antrean kendaraan dimulai di KM 7 Tol Dalam Kota atau kawasan Cawang, Jakarta Timur.
4. Tol JORR
Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) merupakan jalan penghubung bagi pemudik yang tinggal di kawasan penyangga Ibu Kota menuju ke Tol Cikampek. Tak ayal, Tol JORR juga terdampak kemacetan imbas kepadatan di Tol Cikarang.
Kemacetan terparah terjadi pada Selasa (12/6) malam. Antrean kendaraan mengular hingga kawasan Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Sedangkan, dari arah Tanjung Priok menuju ke Cikampek arus lalu lintas cenderung lancar.
5. Kalimalang
Akses Jalan Inspeksi Kalimalang memang menjadi jalur utama bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Jalan ini bisa menghubungkan pemudik baik yang mengarah jalur pantura maupun jalur selatan.
Kepadatan juga terjadi di Kalimalang. Puncak kepadatan terjadi pada Rabu (13/6) sekitar pukul 01.00 WIB.
6. Jalur Lintas Selatan Nagrek
Jalur Nagrek menjadi akses utama warga yang akan mudik ke sejumlah daerah di pesisir pantai selatan Jawa. Jalur ini memisahkan antara lajur kendaraan menuju ke Tasikmalaya dan Garut, Jawa Barat.
Jalur ini juga sudah mengalami kemacetan sejak Selasa (12/6) sore. Hingga Rabu (13/6) pukul 07.02 WIB, arus kendaraan di Nagrek masih macet parah.


NewsMudik Lebaran 2018Tol CikampekTol Cipali

presentation
500

Baca Lainnya