kumparan
3 Jun 2019 13:41 WIB

Puskesmas Kecamatan dan RSUD di DKI Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/6). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Usai kunjungan tersebut Anies memastikan pelayanan kesehatan di Jakarta tetap buka selama libur lebaran.
ADVERTISEMENT
Hal itu berlaku untuk puskesmas tingkat kecamatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Jam operasional dua tempat pelayanan kesehatan itu juga tidak berubah.
“Ya puskesmas kecamatan buka 24 jam meskipun hari lebaran. Jadi hari lebaran pun menangani 24 jam. IGD 24 jam, pelayanan 24 jam. Jadi kalau puskesmas kecamatan tidak ada jam operasi yang terbatas,” kata Anies di Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/6).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Kalideras, Jakarta Barat, Senin (3/6). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Hal berbeda diterapkan untuk puskesmas tingkat kelurahan yang hanya beroperasi pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Ketentuan itu berlaku pada tanggal 3,4, dan 7 Juni 2019. Sedangkan pada tanggal 5-6 Juni puskesmas tersebut tutup.
“Tapi kalau membutuhkan silahkan datang ke (puskesmas) kecamatan semua siap melayani begitu juga RSUD kita dan Alhamdulillah saya tadi lihat juga para dokter perawat semua bertugas dengan baik,” kata Anies.
ADVERTISEMENT
Sementara Kadis Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan meski Puskesmas Kecamatan buka pada libur lebaran, jumlah tenaga medis yang ada berkurang. Ia mengatakan yang bekerja pada masa libur lebaran hanya seperdelapan dari jumlah normal.
“Karena puskesmas kan dua aspek upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, jadi lapangan libur. Tapi untuk layanan di dalam gedung tetap masuk sesuai dengan jadwal,” kata Widyastuti.
Wanita yang mendampingi Anies selama kunjungan tersebut juga mengatakan ada 40 persen dari total tenaga medis yang bersiaga di RSUD. Meski begitu petugas yang berjaga di Instalasi Gawat Darurat ia pastikan 100 persen. Artinya tidak ada pengurangan tenaga medis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·