Pencarian populer
31 Mei 2017 17:40 WIB
0
0
Putri "Rasputin dari Korsel" Pulang ke Seoul, Tangan Diborgol Kain

Chung Yoo-ra, anak Choi Soon-sil (Foto: REUTERS/Chung Sung-Jun)
Bisa jadi perempuan 21 tahun ini adalah perempuan paling dibenci di Korea Selatan. Perempuan bernama Chung Yoo-ra ini adalah putri istimewa dari Choi Soon-sil, tokoh sentral skandal politik dan korupsi yang membuat Park Geun-hye terpental dari kursi kepresidenan.
Choi Soon-sil oleh media Korsel dijuluki “Rasputin dari Korsel”, karena pengaruhnya yang besar terhadap Park Geun-hye dan menangguk keuntungan yang tak sedikit. Sekadar diketahui, Rasputin adalah tokoh legendaris yang semasa hidupnya yang punya pengaruh kuat pada Kaisar Rusia dan Permaisuri pada tahun 1916-an.
[Baca juga: Mantan Presiden Korsel Muncul di Pengadilan dengan Tangan Diborgol]
Chung Yoo-ra tiba di Seoul setelah diekstradisi dari Denmark, untuk diperiksa tentang tuduhan penyuapan yang melibatkan raksasa korporasi Samsung dan juga kuliahnya di universitas bergengsi di Korea, yang melibatkan ibunya. Demikian dilansir Associated Press, Rabu (31/5).

Park Geun-hye (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji)

Jaksa juga berharap kepulangan Chung Yoo-ra akan memberi mereka bukti untuk memperluas kasus terhadap mantan Presiden Park Geun-hye. Park yang dipaksa turun dari jabatannya pada Maret, sekarang diadili dalam kasus penyuapan, pemerasan dan penyalahgunaan kekuasaan.
[Baca juga: Setelah Ditahan, Begini Keadaan Mantan Presiden Park Geun-hye Sekarang]
Dalam skandal korupsi tersebut, Choi Soon-sil dituding telah mengatur bantuan keuangan Grup Samsung untuk pelatihan berkuda putrinya (equestrian).

Chung Yoo-ra, atlet berkuda dari Korsel (Foto: Lee Sang-hak/Yonhap via AP)
Chung Yoo-ra kabur ke Denmark setelah kasus yang menyoroti ibunya meledak. Setelah lebih 200 hari di Denmark, dia diekstradisi, lalu diserahkan ke jaksa Korsel di Bandara Kopenhagen. Di bawah kawalan jaksa, Chung Yoo-ra mendarat di Bandara Incheon, Rabu siang.
Saat berbicara kepada wartawan, tangan Chung Yoo-ra tampak “diikat” dengan kain warna biru. Tidak jelas apakah kain itu untuk menutupi borgol besi yang melingkari pergelangan tangannya atau memang dia “diborgol” dengan kain.

Chung Yoo-ra, anak Choi Soon-sil (Foto: REUTERS/Chung Sung-Jun)
Chung Atlet Berkuda
Chung adalah bagian dari tim Korea Selatan yang memenangkan medali emas berkuda tim pada Asian Games 2014 dan pernah mengikuti pelatihan di Jerman. Di Jerman, dia tinggal bersama bayi laki-laki dan ibunya (Choi), ketika tuduhan korupsi muncul pada bulan Oktober 2016.
Choi —orang kepercayaan Presiden Park — kemudian kembali ke Seoul untuk menghadapi penyelidikan, sementara Chung mencari perlindungan di Denmark. Chung ditangkap di kota utara Aalborg, Denmark, pada bulan Januari dan kemudian diekstradisi.
[Baca juga: Pengawal Presiden Korea Selatan yang Jadi Pusat Perhatian]

Choi Soon-sil tertunduk di dalam ruang sidang. (Foto: Chung Sung-Jun/Reuters)

Pada bulan Januari, Chung mengaku tidak mengetahui rincian penting tentang skandal korupsi atau hubungan ibunya dengan Presiden Park. "Ibu melakukan segalanya dan saya tidak tahu apa-apa," kata Chung.
Masih ada yang lainnya yang membuat Chung dibenci di Korsel. Yaitu, tudingan jaksa bahwa pengurus kampus terkemuka Universitas Wanita Ewha mengakui bahwa Chung memiliki kualifikasi yang dipertanyakan dan memberi bantuan nilai akademis karena kedekatan hubungan ibu Chung dengan Presiden Park.
Tim Berkuda Samsung
Reuters melansir, saat mendarat di Bandara Incheon siang ini, Chung Yoo-ra mengaku tidak tahu menahu tentang rincian sponsor Samsung terhadap karier berkudanya.
Chung Yoo-ra mengatakan kepada wartawan bahwa ibunya memberitahunya bahwa dia hanyalah bagian dari tim berkuda Samsung.
Sementara itu, pemimpin Grup Samsung Jay Y Lee telah ditahan dan dituduh menjanjikan suap kepada perusahaan dan organisasi yang terkait dengan ibu Chung, termasuk sponsor finansial Samsung atas karier berkuda Chung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: