Pencarian populer

Ratna Nilai Kesaksian Rocky dan Tompi Sesuai Fakta: Tapi Tak Penting

Ratna Sarumpaet saat mendengarkan penyanyi Tompi memberikan kesaksian. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Terdakwa perkara hoaks dan keonaran Ratna Sarumpaet menilai kesaksian akademisi Rocky Gerung dan dokter spesialis bedah plastik Tompi sesuai dengan fakta. Kesaksian itu dibeberkan Rocky dan Tompi saat sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Meski sesuai fakta, Ratna menilai pernyataan yang diutarakan Rocky dan Tompi tak penting. Ia menyebut kesaksian dua orang yang dihadirkan jaksa itu tak ada hubungannya dengan dakwaan yang diterimanya.

"Ya kesaksiannya benar semuanya, cuma kalau menurut aku, itu enggak penting. Karena yang disangkakan ke saya keonaran, enggak ada hubunganya dengan mereka berdua," ujar Ratna usai menjalani persidangan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Rocky Gerung bersaksi dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Ia merasa kasihan karena keduanya ikut diseret dalam kasus yang menjeratnya. Menurut Ratna, baik Tompi maupun Rocky tidak berkaitan dengan kasusnya.

"Kasihan saja, dua-duanya dipaksa-paksa hadir untuk sesuatu yang tidak harusnya relevan," ucapnya.

Rocky sebelumnya dalam persidangan mengaku sempat dibully di Twitter karena menanggapi kasus Ratna. Ia heran dengan bully yang diarahkan kepadanya itu. Sebab menurutnya dia juga korban hoaks.

“Itu ada relasi, karena ada sebab-akibat, tapi saya tak tahu penyebabnya apa (dibully). Mestinya kalau punya akal sehat, saya juga dibohongi (Ratna), kenapa saya yang dibully,” kata Rocky di PN Jaksel, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Penyanyi Tompi berbicara sebagai saksi dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Sementara itu, Tompi mengaku dirinya sempat percaya Ratna benar-benar menjadi korban penganiayaan. Ia pun kemudian menghubungi penyanyi Glenn Fredly karena ingin membantu mengobati Ratna.

“Awalnya saya baca twit Fadli Zon yang memposting foto beliau dengan Bu Ratna. Di situ, twitnya menyebut Bu Ratna telah terjadi pemukulan. Dan saya saat itu mengutuk kejadian itu kalau benar. Kemudian saya WhatsApp Glenn karena dekat anak dan menantu beliau (Ratna). Dan saya bilang, kalau itu benar gua bersedia bantu dia (Ratna) free enggak ada biaya,” kata Tompi.

Dalam kasusnya, Ratna didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan hoaks penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang diklaimnya akibat penganiayaan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57