kumparan
15 Mar 2019 18:39 WIB

Ratu Elizabeth Ucapkan Duka Cita Atas Penembakan di Christchurch

Ratu Elizabeth II Foto: Dok. Toby Melville/Getty Images
Beberapa pemimpin dunia menyampaikan duka cita atas peristiwa penembakan di Christchurch, Selandia Baru yang menyasar dua masjid. Salah satunya adalah Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip.
ADVERTISEMENT
"Saya merasakan kesedihan yang mendalam atas perisiwa mengerikan di Christchurch hari ini. Pangeran Philip dan saya mengirimkan ungkapan belasungkawa kepada keluarga dan rekan-rekan yang telah kehilangan nyawa," kata Ratu Elizabeth, Jumat (15/3).
Ratu Elizabeth II juga turut mengapresiasi para relawan yang telah membantu memberikan pelayanan bagi korban-korban penembakan di Christchurch.
"Saya juga memberikan penghormatan kepada layanan darurat dan sukarelawan yang telah memberikan dukungan kepada mereka yang terluka. Pada saat-saat tragis ini, pikiran dan doa saya untuk warga Selandia Baru," ucap Ratu Elizabeth.
Kronologi Teror 2 Masjid di Chirstchurch. Foto: Basith Subastian
Sejauh ini, otoritas Selandia Baru menyatakan ada 49 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka atas peristiwa penembakan tersebut. Belum diketahui apakah ada warga negara Inggris yang turut menjadi korban.
ADVERTISEMENT
Empat pelaku penembakan di Christchurch sudah ditangkap, yaitu 3 pria dan 1 wanita yang satu di antaranya adalah warga negara Australia bernama Brenton Tarrant (28).
Selandia Baru merupakan negara Persemakmuran Britania dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara Selandia Baru, yang didampingi Gubernur Jenderal Patsy Reddy dan Perdana Menteri Jacinda Ardern.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan