Pencarian populer

Rektor IPB: Arnita Mulai Aktif Kuliah Lagi pada 1 September 2018

Arnita Rodelina Turnip, mahasiswi IPB yang beasiswanya dicabut Pemkab Simalungun (Foto: Dok. Arnita Rodelina Turnip)

Kasus dicabutnya beasiswa Arnita Rodelina Turnip karena pindah agama berakhir. Setelah menempuh banyak cara, akhirnya Arnita bisa kembali kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Rencananya Arnita akan mulai aktif kuliah pada 1 September 2018, nanti.

“Kasus Arnita bisa menjadi pembelajaran penting bagi instansi-instansi lain pemberi beasiswa agar tidak melakukan pemutusan beasiswa secara sepihak, karena itu berarti melanggar kesepakatan yang sudah sama-sama ditandatangani,” ujar Rektor IPB Arif Satria dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Jumat (3/8).

Arif mengapresiasi upaya Ombudsman yang telah membantu menyelesaikan polemik ini. Selain itu, ia juga mengapresiasi Pemkab Simalungun, Sumatera Utara, atas tanggung jawab dan komitmennya kepada Arnita.

“Karena komitmen instansi pemberi beasiswa ini dikukuhkan dalam surat perjanjian yang ditandatangani instansi tersebut, maka sebuah instansi, termasuk dalam hal ini pemda, harus berusaha betul-betul menjaga komitmen sebagaimana yang ia tanda tangani," jelas Arif.

Arief berharap tak ada lagi kasus serupa terjadi. Sebab menurutnya, kasus seperti yang menimpa Arnita itu hanya akan merugikan semua pihak.

Berakhirnya kasus Arnita ini membuat ia bisa kembali berstatus sebagai mahasiswa IPB. Selain bisa kembali masuk IPB dan menerima beasiswa, Arnita juga akan mendapatkan haknya berupa biaya hidup.

Dalam beasiswa utusan daerah (BUD) Pemkab Simalungun, Arnita mendapatkan jatah Rp 20 juta per semester. Uang tersebut terdiri atas beasiswa sebesar Rp 11 juta dan biaya hidup Rp 9 juta. Pemkab Simalungun dan Pemprov Sumut masih berupaya menghubungi Arnita agar biaya hidup bisa langsung ditransfer ke rekening Arnita.

Untuk memahami isu ini secara utuh silakan ikuti topik tentang Arnita dan baca link di bawah ini:

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: