Pencarian populer

Ria Ricis soal Disalip Atta Halilintar: Krunya Dia Memang Lengkap

Konten Data Penguasa YouTube Indonesia. (Foto: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan)

Mahkota YouTuber nomor satu di Indonesia kini dimiliki Atta Halilintar. Tepat pada Hari Pahlawan 10 November, Atta berhasil menyalip Ria Ricis yang selama ini menempati urutan pertama. Ricis pun kini bergeser menempati urutan kedua.

Saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Ricis mengaku tak keberatan posisinya ditempati Atta. Perempuan berusia 23 tahun itu ikhlas lantaran Atta memang pantas menempati posisi tersebut.

“Sebenarnya bukan masalah sedih atau enggak. Posisi (pertama) juga setiap orang bisa menempatinya, asal dia mau berusaha dan update,” kata Ricis, Kamis (16/11).

Menurut analisis Ricis, Atta memiliki kru yang lebih besar dalam memproduksi video dibanding dengannya. Ia juga mengaku kerap keteteran karena mengerjakan video sendiri.

“Atta memang krunya lengkap sekali. Beda dengan Ricis ke mana-mana sendiri. Ngedit sendiri. Bahkan syuting pernah tidak ke-record karena kameranya waktu itu tidak bisa dibalik,” tambahnya.

Meski demikian, kata dia, tercatat pernah berhasil menduduki peringkat pertama di YouTube tidaklah mudah. Sejak memutuskan terjun sebagai YouTuber pada 15 Januari 2016, banyak hal yang harus dikorbankan olehnya.

“Masuk ke YouTube itu harus fokus. Harus ngorbanin off air, talkshow. Karena YouTube itu kan makan waktu banget,” ujar dia.

Ria Ricis (Foto: Munady)

Adik dari Oki Setiana Dewi itu menuturkan, video yang ia produksi kini berjumlah 369 video. Ratusan video itu isinya beragam. Selama itu pula ia selalu mendengarkan masukan penggemarnya untuk membuat video yang lebih baik lagi.

“Aku berusaha masukin semua konten ke dalam YouTube aku. Temen-temen penonton mau cari apa aja di aku, itu ada. Prank ada, mainan ada, masak ada, semuanya ada,” tuturnya.

Lalu berapa penghasilan Ricis dari akun YouTube-nya tersebut? Menurut Ricis, penghasilannya tak jauh beda dengan Atta yang ada di kisaran Rp 250 juta per bulan.

“Mungkin sama 11-12 sama Attalah karena jumlah subscribers-nya juga hampir sama. Tapi ada potongan dari manajemen juga. Nah jumlah pastinya aku tidak tahu,” tutupnya.

Sebelumnya, kumparan melakukan pengamatan terhadap sejumlah akun YouTube selama satu bulan sejak 12 Oktober hingga 10 November 2018. Pengamatan itu menggunakan Social Blade yang merupakan situs pengukur performa akun-akun media sosial. Tujuannya, untuk melihat akun-akun terpopuler di Indonesia berdasarkan jumlah subscribers.

Hasilnya pengamatannya beragam, mulai dari temuan 10 besar akun dengan subscribers tertinggi, Atta Halilintar yang menyalip Ria Ricis di hari terakhir pengamatan, soal pendapatan YouTubers, hingga performa mereka dibanding selebritas televisi yang juga bermain di YouTube.

====================

Selengkapnya seputar seluk beluk YouTubers Indonesia dapat disimak dalam topik Penguasa YouTube.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: