kumparan
7 Agu 2018 8:53 WIB

Ribuan Wisatawan Sudah Dievakuasi dari Gili Trawangan

Evakuasi wisatawan di Gili Trawangan, Senin (6/8). (Foto: Dok. Kodim Lombok Barat)
Setelah gempa 7,0 magnitudo yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8) sejumlah wisatawan dikabarkan berada di dalam pulau-pulau kecil sekitarnya. Termasuk di Gili Trawangan.
ADVERTISEMENT
Evakuasi wisatawan itu dimulai sejak Senin (6/8). Mereka dibawa keluar pulau dengan tiga unit kapal ASDP dan satu unit kapal Pelni.
Dandim 1606/Lombok Barat Letkol Czi Joko Rahmanto menyebutkan, evakuasi pada Senin (6/8) mulai berlangsung sekitar 14.20 WITA. Ada 2.183 wisatawan yang dievakuasi selama hari itu.
Joko menuturkan, dari Gili Trawangan, wisatawan itu dibawa ke empat pelabuhan terdekat. "Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Benoa dan Pelabuhan Padangbai," kata Joko, Selasa (7/8).
Evakuasi wisatawan di Gili Trawangan, Senin (6/8). (Foto: Dok. Kodim Lombok Barat)
Proses evakuasi wisatawan di Gili Trawangan, berlanjut hingga hari ini. Ada 355 wisatawan yang sudah dibawa dengan KM Dharma Rucitra III ke Pelabuhan Lembar.
"Selanjutnya seluruh penumpang dipersilahkan melanjutkan perjalanan sesuai tujuan masing-masing," ujar Joko.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, sebut Joko, evakuasi terus berlangsung. Dia memperkirakan masih ada ratusan wisatawan yang berada di Gili Trawangan.
Sedangkan kondisi kawasan wisata Gili Trawangan, dikabarkan juga mengalami beberapa kerusakan akibat gempa. Beberapa bangunan dikabarkan roboh.
Pantai dan pelabuhan yang berada di Gili Trawangan juga terlihat rusak cukup parah akibat gempa. Papan reklame hingga jembatan penyeberangan menuju kapal ikut rubuh karena guncangan gempa. Gempa juga menyebabkan restoran, hotel dan beberapa toko lokal ditutup sementara waktu.
Abie, pemilik dari agen wisata Glass Bottom Boat, menuturkan bahwa hampir semua orang mengungsi akibat gempa. "Semua rumah roboh rata sama tanah, khususnya di bagian Lombok Utara.Semua orang mengungsi, saya juga. Sekarang saya di tempat pengungsian tepatnya di atas gunung untuk cari aman," ceritanya saat dihubungi.
Evakuasi wisatawan di Gili Trawangan, Senin (6/8). (Foto: Dok. Kodim Lombok Barat)
---
ADVERTISEMENT
Untuk membantu meringankan duka para warga Lombok dan sekitarnya, kumparan menggalang donasi online melalui platform kitabisa. Donasi tersebut nantinya akan disalurkan kepada pengungsi di Lombok dan sekitarnya.
Jika Anda tergerak untuk membantu, dapat menyalurkannya di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan