Pencarian populer

Rusia Vonis 12 Tahun Penjara Jurnalis Ukraina yang Dituduh Mata-mata

Roman Sushchenko (Foto: AFP / Vasily MAXIMOV)

Pengadilan Rusia menjatuhkan vonis hukuman penjara 12 tahun kepada seorang jurnalis Ukraina, Roman Sushchenko (49), Senin (4/6) waktu setempat. Jurnalis tersebut diciduk karena dituduh menjadi agen mata-mata Ukraina.

Roman ditangkap pada 2016 lalu. Roman diketahui bekerja di sebuah kantor berita di Ukraina, Ukrinform. Badan intelijen Rusia, FSB menuduhnya selalu memberikan informasi kepada militer Ukraina. Selain itu, Roman juga dituduh banyak membongkar rahasia Rusia ke Ukraina.

Hanya saja, dalam pembelaannya, Roman mengaku tidak bersalah dan dia akan mengajukan banding. Ia menyebut putusan dari hakim Oleh Muzychenko itu tidak adil.

Sebelum diciduk, seperti dikutip AFP, Roman mengatakan bahwa dirinya telah dijebak oleh instansi keamanan Rusia.

Pengacara Roman, Mark Feigin, sebelumnya telah mengatakan bahwa jaksa telah meminta Roman untuk dihukum setidaknya 14 tahun dari maksimal 20 tahun penjara.

Feigin sebelumnya sudah mengusulkan agar Moskow dan Kiev dapat merencanakan pertukaran tahanan sejak seorang wartawan Rusia yang bekerja pada kantor berita RIA, Novosti, yang saat ini sedang ditahan oleh Ukraina.

Kasus ini menyeruak di tengah-tengah kekerasan yang baru-baru ini terjadi antara pasukan Ukraina dan separatis yang diduga mendapat dukungan dari Rusia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23