kumparan
20 Agu 2018 16:44 WIB

Saat Jokowi Minta Joni Jalan-jalan ke Dufan dan Taman Mini

Jokowi, Joni dan Paskibraka di Istana Negara, Senin (20/8/2018). (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Johannes Adekalla alias Joni, bocah heroik yang memanjat tiang bendera dari NTT memiliki cita-cita untuk menjadi seorang tentara. Mengetahui hal ini, Jokowi meminta Joni untuk belajar dengan baik dan menjaga kesehatan.
ADVERTISEMENT
Jokowi juga kembali mengapresiasi keberanian Joni yang memanjat tiang bendera agar bendera merah putih dapat dikibarkan. Jokowi menyebut meski tindakan itu berbahaya, namun dilakukan dengan penuh keberanian.
"Memang kalau ditanya mau apa karena sebenarnya yang dilakukan Joni adalah sesuatu yang membahayakan dan juga harus diingatkan. Memang harus kita lihat itu sesuatu membahayakan, tapi itulah saya kira keberanian dan pengorbanan tanpa pamrih, yang saya baca kemarin wawancaranya dengan Joni, ingin agar merah putih terus berkibar," kata Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/8).
Pada kesempatan itu pula, Jokowi juga meminta Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk mengajak Joni jalan-jalan ke Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
ADVERTISEMENT
Jokowi, Joni dan Paskibraka di Istana Negara, Senin (20/8/2018). (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
"Mumpung sudah di Jakarta, Pak Mensesneg (Joni) coba diajak lihat Dunia Fantasi sama Taman Mini. Ini masih dunia anak-anak, jangan yang sulit-sulit. Belum pernah kan?" tanya Jokowi ke Joni.
"Belum," jawab Joni.
Selain itu, Jokowi juga sempat bertanya kepada Joni apakah ada barang yang diinginkan. Kepada Jokowi, Joni pun meminta agar diberikan sepeda.
"Sepeda," ujar Joni yang disambut gelak tawa tamu undangan lain yang hadir.
"Kamu jauh-jauh dari Belu ke Jakarta hanya minta sepeda? Apa hanya itu?" tanya Jokowi lagi.
Joni kemudian menjawab pertanyaan Jokowi. Kali ini, Joni meminta kepada Jokowi agar dibangunkan rumah.
"Minta dibikinin rumah saja," tuturnya yang lagi-lagi disambut gelak tawa tamu undangan yang hadir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan