Pencarian populer
Safari Politik Surya Paloh dengan Pesawat dan Heli Pribadi di 4 Pulau
Pesawat Surya Paloh. (Foto: Rafyq/kumparan)
Tahun politik 2018 memaksa para pimpinan partai politik bekerja ekstra memenangkan Pilkada serentak di 171 daerah, dan Pemilu serentak Pileg dan Pilpres di 2019.
Salah satu partai yang sudah bersiap itu adalah NasDem. Sejak 28 Februari 2018 Ketua Umum NasDem Surya Paloh mulai bersafari politik ke wilayah timur Indonesia. Yang istimewa, bos Media Group itu menggunakan pesawat pribadi bertuliskan 'NASDEM FOR JOKOWI 2019'.
Pesawat jenis Jet embraer 190 itu mendarat di Makassar, Papua, Papua Barat dan Bali. Tulisan pada bodi pesawat sudah disiapkan di awal 2018 untuk menghadapi Pemilu 2019.
"Ini salah satu bentuk wujud keseriusan kita mendukung presiden dan ambil bagian menyemarakkan pilpres. Walaupun ini bukan satu-satunya, hanya salah satu bentuk dukungan," kata Sekjen Partai NasDem Jhonny G Plate kepada kumparan, Minggu (14/1).
Pesawat Surya Paloh. (Foto: Rafyq/kumparan)
Di Makassar Sulawesi Selatan --salah satu basis massa NasDem--, pesawat tersebut mendarat di Bandara Kadieng atau bandara lama Sultan Hasanuddin. Bandara tersebut hanya digunakan untuk orang-orang tertentu seperti pejabat negara, berbeda dengan Bandara Sultan Hasanuddin yang melayani penerbangan komersil.
Surya Paloh mengunjungi Klenteng XianMa, lalu ke kediaman Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan konsolidasi saksi, bakal calon legiskatif dan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.
Di Papua, pesawat NASDEM FOR JOKOWI mendarat di Bandara Internasional Sentani Jayapura Papua. Berbeda dengan Makassar, pesawat tersebut mendarat di bandara penerbangan komersil. Tak ayal kedatangan Surya Paloh disambut meriah oleh kader NasDem Papua dan juga masyarakat sekitar. Surya Paloh terjun di kampanye Lukas Enembe-Klemen Tinal.
Selanjutnya masih di Papua, pesawat Surya Paloh mendarat di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong Papua Barat. Surya Paloh dan rombongan disambut riuh masyarakat Papua Barat.
Terakhir adalah Bali. Pesawat NASDEM FOR JOKOWI terbang 3 jam dari Papua menuju Bali, atau lebih cepat dari komersil selama 5 jam dengan dua kali transit yakni di Timika Papua dan Makassar.
Pesawat Nasdem untuk Jokowi (Foto: Dok. Nasdem)
Di Bali, pesawat itu mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Setibanya di bandara, Surya Paloh langsung dikalungkan tanda selamat datang. Di Bali, Paloh memimpin konsolidasi kader dan bacaleg juga hadir di kampanye cagub-cawagub Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya dan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta).
Pesawat itu membawa rombongan DPP NasDem, di antaranya Ketua DPP Bidang OKK Jeannette Sudjunadi, Ketua DPP Bidang Hukum Taufik Basari, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Hayono Isman, Ketua DPW NasDem Sulawesi Utara Elman Saragih, dan fungsionaris DPP NasDem lainnya.
Safari dengan Heli Pribadii
Helikopter Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem)
Usai dari Indonesia timur, Surya Paloh melanjutkan safari politiknya di Jawa Barat. Kali ini tidak menggunakan pesawat, namun helikopter yang juga masih milik Surya Paloh.
Alasan menggunakan helikopter ini untuk efisiensi waktu, karena banyak tempat yang akan dikunjungi Paloh dalam 3 hari, yaitu Bandung, Cianjur, Sukabumi, Subang dan Cirebon. Heli itu dicat dengan logo NasDem setahun belakangan.
Di dalam heli, Surya Paloh ditemani Ketua DPP NasDem Bidang OKK Jeannette Sudjunadi, Ketua DPW Saan Mustopa, dan staf khusus Surya Paloh Charles Meikiansyah.
Helikopter Surya Paloh. (Foto: Dok. NasDem)
Surya Paloh mengawalinya dengan konsolidasi kader dan bacaleg di Kota Bandung yang dihadiri oleh calon gubernur Ridwan Kamil pada Minggu (4/3). Dilanjutkan dengan silaturahmi dengan kiai, ulama dan tokoh masyarakat se-Jawa Barat.
Selama di Jabar, Paloh didampingi Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa. Di depan para ulama, Paloh menyebut partainya sangat membutuhkan peran ulama untuk menjadi bahan pemikiran NasDem.
"Bagi keluarga besar NasDem, harus tetap bergadengan tangan bagi pikiran-pikiran para ulama ini. Ini perintah saya kepada seluruh kader di Tanah Air. Kami mempersilakan pada para tokoh ulama, kami juga mau mendengar apa yang sebenarnya dilakukan dengan kekurangan-kekurangan yang ada di negeri ini," kata Surya Paloh di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/3)
Surya Paloh di acara Silaturahmi Ulama se-Jabar (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
Esoknya (5/3), Surya Paloh menuju Cianjur dan Sukabumi menggunakan helikopter. Agenda konsolidasi di Cianjur masih sama, yaitu konsolidasi bacaleg NasDem dan Komisi Saksi NasDem (KSN), serta pengarahan kepada seluruh kader NasDem.
Pada siang harinya, Surya Paloh bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh masyarakat se-kabupaten Cianjur.
Di depan ulama, Surya Paloh mengatakan bahwa NasDem adalah partai yang nasionalis religius. Oleh sebab itu, NasDem turut menjaga tradisi keislaman yang ada di Indonesia.
"Partai ini menegaskan posisinya, sebagai nasionalis religius. Nasionalis yang religius, itulah NasDem, itu mengapa kita bertugas untuk menjaga negeri yang kita cintai ini," kata Surya Paloh di rumah Bupati Cianjur, Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/3).
Surya Paloh bertemu ulama se-Cianjur (Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan)
Setelahnya, Surya Paloh langsung terbang menggunakan helikopter menuju Sukabumi. Di Sukabumi Surya Paloh berpesan kepada seluruh kader NasDem se-kabupaten Sukabumi bahwa politik tanpa mahar yang digaungkan NasDem harus tetap dipertahankan.
"Tugas kita memperbaiki penilaian negatif masyarakat kepada partai politik kembali hal yang positif. Salah satunya nasdem membuktikan dengan politik tanpa mahar. Nasdem harus konsisten dengan politik tanpa maharnya," ujarnya.
Dari Sukabumi, Surya Paloh terbang menggunakan helikopter kembali ke Bandung. Lalu esoknya, Selasa (6/3), Surya Paloh melanjutkan safari politiknya ke Subang.
Di depan ribuan kader NasDem Subang, Surya Paloh menekankan pada seluruh kader NasDem Subang bahwa presiden pilihan NasDem adalah Jokowi. Ia mengungkapkan keyakinan tersebut sudah mutlak dan harus dimenangkan.
"Satu yang harus saya tekankan pada kalian, kita sudah punya calon presiden yang diyakini sepenuhnya haqqul yaqin diteropong pakai lahir dan batin, dia (Jokowi) calon presiden yang terbaik," kata Surya Paloh di gedung STIESTA, Subang, Selasa (6/3).
Setelah dari Subang, Surya Paloh naik helikopter menutup safari politiknya di Cirebon. Surya Paloh tiba di Cirebon pukul 12.19 WIB. Surya Paloh dalam arahannya mengatakan target NasDem untuk pemilu 2019 mendapatkan suara 18 sampai 20 juta suara.
"Tahun 2019 NasDem menargetkan 18 sampai 20 juta suara nasional kita. Dan separuhnya saya harapkan di Pulau jawa," ujar Surya Paloh di Hotel Apita Cirebon, Jawa barat, Selasa (6/3).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: