kumparan
14 Jun 2018 23:37 WIB

Salat Id di Istiqlal Diperkirakan Dipenuhi 150 Ribu Jamaah

Salat berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: Aditia Noviansyah)
Masjid Istiqlal akan menggelar Salat Id, Jumat (15/6). Diperkirakan 150.000 jamaah akan salat di masjid yang didirikan pada 1978 tersebut.
ADVERTISEMENT
“Untuk jamaah Salat Id, ya sekitar 100.000 sampai 150.000 jemaah besok,” ungkap Protokoler Masjid Istiqlal Hurairah Abdul Salam di Masjid Istiqlal, Jalan Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).
Oleh karena itu, ia menyarankan kepada jamaah untuk datang lebih pagi bahkan kalau bisa Salat Subuh di Istiqlal agar mendapatkan saf paling depan. Karena jika tidak kemungkinan jamaah bisa tercecer hingga ke teras masjid.
“Seharusnya warga datang kalau ingin dapat saf di masjid itu salat subuh di sini. Kalau datang sebelum subuh siap-siap dapat pelataran syukur kalau koridor, bisa-bisa di tempat parkir,” ujar Abu.
Untuk menyambut banyaknya jamaah, seluruh pintu Masjid Istiqlal akan dibuka. Masyarakat bisa masuk melalui seluruh pintu yang ada kecuali pintu Al Malik yang dikhusukan untuk VIP dan pintu As Salam yang disiapkan untuk kedatangan Menteri.
ADVERTISEMENT
Masjid Istiqlal juga menyiapkan petugas khusus bagi penyandang disabilitas. Jamaah dengan kebutuhan khusus bisa masuk melalui pintu Ar Rahman. Di sana terdapat lift yang bisa digunakan jamaah untuk naik ke tempat salat.
Sedangkan untuk parkiran kendaraan, selain di Masjid Istiqlal jamaah bisa menggunakan tempat parkir lainnya seperti di Gereja Katedral, kantor Kementerian Agama RI (Kemenag) dan Lapangan Banteng. Selain itu, jamaah bisa juga memarkir kendaraan di Kantor Pos, Sekolah Santa Ursula dan Jalan Veteran.
“Sudah koordinasi tadi di Kemenag bisa, Lapangan Banteng bisa sampai Gereja Katedral bisa. Santa Ursula dan Kantor Pos juga bisa. Kemudian Jalan Veteran juga silakan,” jelas Abu.
Salat Id di Masjid Istiqlal akan dimulai pukul 07.00 WIB. Salat akan dipimpin oleh Hasanudin Sinaga. Sedangkan yang bertindak sebagai Khatib ialah Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym. Tema khutbah yaitu Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan