Pencarian populer

Sambut HUT ke-74 RI, Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri

Gapura hias pada perayaan 17 Agustus. Foto: Dok. gapuracintanegeri
Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menyelenggarakan Festival Gapura Cinta Negeri. Festival yang digelar mulai 17 Juli sampai 17 Agustus 2019 ini merupakan bagian dari peringatan HUT RI ke 74.
ADVERTISEMENT
Dalam festival ini, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, ditunjuk sebagai panitia. Hadi menjelaskan festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya nasional.
“Seperti tadi Bekraf bilang Indonesia punya budaya keberagaman sehingga perlu peningkatan nilai budaya nasional sehingga pada saat bertepatan HUT ini pemerintah telah menggagas Festival Gapura,” kata Hadi di Kemensetneg, Jakarta, Rabu, (17/7).
“Maksudnya untuk meningkatkan, mengembangkan persatuan dan kesatuan. Kedua meningkatkan nilai nasionalisme dan partisipasi masyarakat dan menumbuhkan kreativitas,” tambahnya.
Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Hadi menjelaskan setiap perayaan 17 Agustus, masyarakat selalu antusias dalam menghias desa masing-masing. Sehingga dengan adanya acara ini bisa dapat menambah semangat masyarakat dalam menyambut perayaan HUT RI. Dalam festival ini, juga akan digelar lomba dekorasi terkait HUT RI.
ADVERTISEMENT
Lomba menghias desa atau wilayah masing-masing terbagi menjadi 2 kelompok yaitu masyarakat umum dan instansi.
“Terbagi 2 bersifat umum ini masyarakat tingkat RW se-Indonesia, ada kriteria khusus pendidikan, instansi BUMN. Sehingga ada 2 kelompok umum dan khusus,” ujar Hadi.
Rencananya, kata Hadi, penilaian akan dilakukan sekitar tanggal 22 Agustus setelah para peserta mengirimkan fotonya pada 17 Agustus. Para pemenang juga akan diundang ke Istana Kepresidenan Jakarta bertemu Presiden Jokowi.
“Persyaratan tentunya kita tidak langsung datang tapi kita buka website Gapura Cinta Negeri. Ini memudahkan masyarakat karena tinggal menyatakan keikutsertaan dan bukti identitas kemudian tentunya akan menyerahkan foto hasil pembangunan gapura,” terang Hadi.
Turut hadir dalam acara konferensi pers ini, Mendagri Tjahjo Kumolo, Koordinator Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menkominfo Rudiantara, Kepala Bekraf, Dewan Pengarah acara festival, Erick Tohir, dan Sekretaris acara Wishnutama.
ADVERTISEMENT

Alur Pendaftaran

Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website http://gapuracintanegeri.com/. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan 6 foto gapura hasil karyanya.
Periode pengiriman mulai tanggal 17 Juli-17 Agustus 2019. Selain itu, dalam rangka memeriahkan Festival Gapura Cinta Negeri peserta diharapkan mengunggah video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di media sosial dengan menggunakan hashtag #GapuraCintaNegeri dan mention ke akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) @FestivalGapura.
Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia. Selanjutnya, para kurator akan menyeleksi 50 flnalis gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.
Gapura hias pada perayaan 17 Agustus. Foto: Dok. gapuracintanegeri
Kemudian 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri, yang terdiri dari Mensetneg Pratikno, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Conductor/Music Director Twilite Orchestra Addie MS, Seniman Tari/Koreografer Eko Supriyanto, Founder OMG Consulting dan Co-Founder INSPIGO Yoris Sebastian, Content Creator dan Founder Hello Motion Academy Wahyu Aditya, dan Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network Fiki Satari.
ADVERTISEMENT
Kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.
Pada penghujung Festival Gapura Cinta Negeri, akan terpilih 10 pemenang gapura dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi.
Gapura terbaik di antara 10 pemenang dari Kategori Umum akan mendapatkan Piala Bergilir Presiden. Netizen juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih Gapura Favorit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80