kumparan
20 Jul 2018 0:52 WIB

Sandi Ingin Masyarakat Ikut Terlibat Menjaga Kondisi RTH Kalijodo

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno (tengah) di Balai Kota. (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo sangat jauh berbeda dibanding saat pertama kali dibuka tahun 2017. Rerumputan yang dulunya hijau kini tampak tak terawat dan menguning. Belum lagi, banyak lapak PKL dibiarkan menumpuk di area taman semakin mengganggu kenyamanan warga.
ADVERTISEMENT
Merespons hal itu, Wagub DKI Sandiaga Uno menyampaikan bahwa setelah diresmikan, sudah ada pengelola yang merawat RTH Kalijodo itu.
"Tentu kita harus jaga maintenancenya. Kita harus engange masing-masing dari penggunanya, pengelolanya dan lain sebagainya harus ada engagement," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Kamis (19/7).
"Kita ingin agar semua memiliki keterlibatan disitu kita nggak bisa kerja sendiri pemerintah harus terus merangkul," imbuhnya.
Karena itu, Sandi sangat berterimakasih kepada pemerintah administrasi Jakarta Utara dan Barat yang telah membantu Pemprov dengan memberi masukan untuk mengajak masyarakat turut menjaga Kalijodo.
"Terimakasih masukannya Walikota Jakarta Utara dan Jakarta Barat karena itu perbatasan harus bekerjasama untuk kembali mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga Kalijodo ini," tuturnya.
Jelang tahun baru warga kunjungi RTH Kalijodo (Foto: Dofa Muhammad Aliza/kumparan)
Menurut Sandi, dalam beberapa kali kunjungannya, RTH Kalijodo memang merupakan salah satu ruang terbuka yang menjadi pilihan favorit masyarakat. Apalagi, kata Sandi, terdapat tembok Berlin yang menjadi momentum bersejarah di RTH tersebut. Untuk itu Sandi mengajak masyarakat turut menjaga RTH.
ADVERTISEMENT
"Karena ini moementum sejarah ada tembok Berlin di sana, saya sudah berkali-kali ke sana ini menjadi tempat yang betul dinikmati oleh warga jadi kita harus jaga juga," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan