Pencarian populer

Sandi Luncurkan Bike-sharing, Warga Bisa Bersepeda Gratis di Monas

Sandi saat peluncuran bike sharing di Monas (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Sepeda berwarna biru bercampur kuning tampak berjejer di Monumen Nasional sejak Jumat (27/7) pagi. Sepeda-sepeda itu nantinya bisa digunakan masyarakat untuk berkeliling Monas dalam program Bike-sharing, yakni penyewaan sepeda berbasis aplikasi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meluncurkan program Bike-sharing sambil bersepeda berkeliling kawasan Monas selama kurang lebih 30 menit. Sandi mengingatkan betapa pentingnya gaya hidup hidup sehat dengan bersepeda, yang juga dapat membantu mengurangi polusi udara di Jakarta.

“Bagaimana Monas ini lebih terinterkoneksi dengan tujuh lokasi parkir gowes yang kita ujicobakan 3 bulan ini. Untuk meningkatkan tentunya minat masyarakat untuk hidup sehat dan mengurangi polusi udara,” kata Sandi di Monas, Jumat (27/7).

“Banyak yang menyoroti kualitas udara di DKI. Dan dengan gerakan ini, gerakan nyata dari private sector dengan pola CSR mengujicobakan ini,” tambahnya.

Sandi saat peluncuran bike sharing di Monas (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Untuk sementara Bike-haring hanya tersedia di kawasan Monas. Namun, Sandi tak menutup kemungkinan Bike Sharing dapat dilakukan di tempat-tempat wisata lain, seperti lokasi wisata dan gedung-gedung yang berlokasi strategis.

Sandi meminta seluruh pihak untuk berkoordinasi untuk mewujudkan Bike-sharing di lokasi lainnya. Tak hanya itu, Sandi mengungkapkan sepeda-sepeda ini dilengkapi dengan GPS dan alarm.

“Nanti mereka dilengkapi dengan fitur yang menarik, seperti fitur GPS dan fitur lock dan fitur alarm. Kalau ini diangkat akan bunyi alarmnya. Dan banyak sekali. Dan kami mengajak masyarakat untuk mencoba ini,” tutur Sandi.

“Ini adalah bagian juga Jakarta Smart City yaitu smart health. Jadi hidup sehat, smart tourism, dan juga smart mobility ini nanti interkoneksinya nanti dengan TransJakarta juga. Itu yang kita harapkan dengan LRT Jakarta dan MRT Jakarta,” lanjutnya.

Sandi saat peluncuran bike sharing di Monas (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Sandi juga berharap program ini dapat menciptakan lapangan kerja baru, yang bertugas untuk mengawasi dan mengontrol penggunaan sepeda oleh masyarakat.

"Yang menarik ini bahwa menciptakan 30 lapangan pekerjaan untuk elemen masyarakat, yang akan direkrut untuk memindahkan sepeda ini dari titik ke titik,” terang Sandi.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati Bike-sharing di Monas caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunduh aplikasi 'GOWES' di Play Store atau App Store, lalu memindai QR code. Nantinya, kunci sepeda akan langsung terbuka usai dipindai. Jangan lupa, setelah dipakai kunci dikembalikan dan ditaruh di lokasi parkir yang tersedia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55