kumparan
8 Jun 2018 9:26 WIB

Sandi Ziarah ke Makam Pahlawan Kebanggaan Masyarakat Betawi

Sandiaga Uno tabur bunga di TPU Karet Bivak (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memperingati ulang tahun DKI Jakarta yang ke 491 dengan berziarah ke makam pahlawan nasional MH Thamrin dan Ismail Marzuki. Di sana Ia ditemani Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede.
ADVERTISEMENT
Sandi melakukan tabur bunga di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat sekitar pukul 08.10 WIB bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sandi tampak mengenakan jas hitam dilengkapi peci hitam. Ia menaburkan bunga ke makam MH Thamrin dan Ismail Marzuki secara bergantian. Tidak lupa Sandi memanjatkan doa.
Dalam sambutannya, Sandi mengungkapkan MH Thamrin merupakan pahlawan dari masyarakat Betawi yang sangat melekat di hati masyarakat. Sedangkan Ismail Marzuki, Ia kenal dengan sejumlah karya lagunya yang fenomenal.
“Hari ini kita mengikuti upacara penghormatan kepada dua pahlawan nasional yang menjadi kebanggaan masyarakat Betawi dan Jakarta M. Husni Thamrin dan Ismail Marzuki,” kata Sandi di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (8/6).
Sandi menyebut kedua tokoh tersebut juga ahli dalam bidang pengembangan ekonomi di Jakarta. Menurut Sandi, sejumlah karya kreatif MH Thamrin dan Ismail Marzuki memiliki dampak positif hingga sekarang.
ADVERTISEMENT
“Mereka selain dari pada pahlawan nasional adalah dari ekonomi M. Husni Thamrin. Terlihat bahwa kedua tokoh ini kedekatan satu dengan ekenomi real dan perdagangan satu lagi dengan ekonomi kreatif,” ungkapnya.
“Bapak Ismail Marzuki mungkin sekarang jadi komponis dengan lagu paling banyak dinyanyikan biduan di Indonesia. Karenanya tak lekang dimakan waktu,” sambungnya.
DKI Jakarta saat ini akan memasuki usia ke-491 tahun. Beberapa waktu lalu Gubernur Anies Baswedan juga merayakan ulang tahun DKI dengan meresmikan delapan sekolah di Pulau Seribu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan