kumparan
17 Feb 2019 21:10 WIB

Sebelum Lempar Bahan Peledak, Pelaku Tanya Lokasi Pendukung Capres

Petugas kepolisian berjaga seusai terdengar ledakan di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ledakan terjadi di kawasan Parkir Timur, Senaya, Jakarta, saat debat kedua Pilpres 2019 berlangsung. Sebelum melempar bahan peledak, terduga pelaku sempat bertanya lokasi pendukung capres.
ADVERTISEMENT
"Iya dia dari mobil tanya, ini lokasi pendukung apa bu?" kata saksi Tina, di lokasi, Minggu (17/2).
Tina yang juga mengenakan kemeja mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf, dengan santai menjawab, lokasi itu merupakan tempat pendukung Jokowi berada.
"Ini (lokasi pendukung) 01," tambah Tina.
Polisi memasang garis polisi di sekitar Parkir Timur Senayan usai terjadinya ledakan, Minggu (17/2/2019). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Setelah bertanya, mobil itu melaju. Tak lama kemudian, ada benda yang dilemparkan dari dalam mobil dan ledakan pun terjadi.
"Dia kayak melempar gitu. Asapnya putih. Saya tidak merhatiin baunya," ungkap dia.
Karena jaraknya cukup dekat dengan lokasi ledakan, telinga Tina langsung berdenging. Kepalanya juga langsung pusing. Meski sempat berbincang singkat dengan terduga pelaku, Tina tak ingat betul ciri-ciri pelaku.
"Setelah itu saya lari. Saya tidak lihat ada korban," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
KPU memang menyediakan tempat bagi para pendukung Jokowi dan Prabowo yang ingin melihat debat. Lokasi itu berada di kawasan Parkir Timur Senayan. Sementara, lokasi debat berada di Hotel Sultan.
KPU menyiapkan dua lokasi berbeda untuk pendukung Jokowi dan Prabowo. Jaraknya satu lokasi dengan lainnya sekitar 200 meter. Sedangkan, lokasi ledakan berada di median jalan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan