Pencarian populer

Selain Rahayu, 4 Caleg Gerindra Lain Juga Cabut Gugatan di PN Jaksel

Ilustrasi Partai Gerindra Foto: Fitra Andrianto/kumparan
PN Jaksel menggelar sidang gugatan hasil Pileg 2019 yang dibuat oleh 14 caleg Partai Gerindra yang gagal lolos. Dalam sidang replik pihak penggugat ini, kuasa hukum para caleg Yunico Syahrir menjelaskan ada lima kliennya yang memutuskan mencabut gugatan, termasuk ponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.
ADVERTISEMENT
"Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, Rahayu Saraswati, Prasetyo Hadi, dan Seppaiga Ahmad (mencabut gugatannya)," kata Yunico di PN Jaksel, Rabu (17/7).
Dengan demikian, maka jumlah caleg Gerindra yang mengajukan gugatan ke PN Jaksel hanya berjumlah sembilan orang. Mereka adalah Pontjo Prayogo, Wulansari alias Mulan Jameela, Adnani Taufik, Adam Muhammad, Siti Jamaliah, Sugiono, Irene, Katherine A Oe, dan Nuraina.
Majelis Hakim tidak keberatan dengan permohonan pencabutan gugatan itu. Hanya saja, Hakim meminta agar hal itu disertakan dengan dokumen tertulis.
"Itu mestinya tertulis, supaya ada formalnya," kata Hakim Zulkifli.
Dengan adanya pencabutan kuasa dan gugatan itu, hakim kemudian meminta agar dilakukan renvoi (penunjukan kembali) di masing-masing dapil yang disoal. Sebelum pembacaan replik, hakim menyebut ada satu pihak yang ikut intervensi dalam kasus ini.
ADVERTISEMENT
"Kebetulan majelis menerima gugatan intervensi terhadap permohonan 520 ini. Ini kami bagikan ke tergugat dan penggugat asal. Ini kami terima tadi pagi melalui sistem registrasi," ucap Zulkifli.
Yunico kemudian meminta agar jawaban intervensi itu bisa diberikan dalam bentuk tertulis. Namun, hakim meminta agar pihak tergugat dan penggugat mempelajari intervensi itu. Sehingga hakim memutuskan untuk menunda sidang.
"Kemudian karena waktunya menurut UU parpol pemeriksaan ini batas waktunya 60 hari, kita buat dua kali seminggu, jadi nanti Senin depan kita buka lagi sidangnya," tutup Zulkifli.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80