• 0

Selamatkan Kopilot, Pilot Sichuan Airlines Dihadiahi Uang Rp 10,8 M

Selamatkan Kopilot, Pilot Sichuan Airlines Dihadiahi Uang Rp 10,8 M


Kaca depan Sichuan Airlines Pecah

Kaca depan Sichuan Airlines Pecah (Foto: REUTERS/Stringer )
Pilot Sichuan Airlines, Liu Chuanjian, diganjar hadiah uang sebesar USD 776,912 atau setara Rp 10,8 miliar. Pemberian tersebut diberikan atas jasa Liu mendaratkan pesawat Sichuan Airlines nomor penerbangan 3U8633 pada 15 Mei 2018, lalu dengan selamat.
Liu dianggap sebagai pahlawan karena berhasil mencegah jatuhnya pesawat yang tengah dikendarainya. Padahal, burung besi itu mengalami insiden sangat buruk akibat pecahnya kaca di kokpit yang menyebabkan kopilotnya hampir saja tersedot ke luar. Insiden itu berlangsung saat penerbangan berada di ketinggian 32 ribu kaki.
Ketika kejadian berlangsung, Liu diketahui berusaha keras menarik kopilot kembali ke dalam kokpit. Setelah melakukan aksi itu walau keadaan pesawat rusak parah, ia berhasil mendaratkan Airbus A319 itu dengan baik.
Seluruh penumpang penerbangan Sichuan Airlines yang berjumlah 119 berhasil selamat, demikian dilansir dari Newsinflight, Kamis (14/6).
Penghargaan juga diberikan kepada 2 kopilot serta enam kru penerbangan lain. Mereka pun menerima uang sebesar jutaan Yuan. Menurut otoritas setempat, penghargaan mereka pantas diganjar penghargaan berupa uang itu. Sebab, para kru penerbangan Sichuan Airlines itu adalah pahlawan penerbangan yang telah menyelamatkan nyawa ribuan orang.
Seperti diketahui, kejadian horor itu menerpa penerbangan Sichuan Airlines yang berangkat dari Chongqing menuju ibu kota Tibet Lhasa. Akibat insiden, pesawat mendarat darurat di Chengdu.
Kejadian pecahnya kaca di kokpit biasanya terjadi akibat sambaran petir atau terkena burung. Walau begitu, insiden semacam ini sangat jarang terjadi.

NewsInternasionalChinaKecelakaan Pesawat

presentation
500

Baca Lainnya