Pencarian populer

Seorang Anggota Bali Nine Meninggal karena Kanker

Tan Duc Thanh Nguyen (Foto: SONNY TUMBELAKA / AFP)

Seorang anggota komplotan penyelundup narkoba asal Australia yang dikenal dengan Bali Nine meninggal dunia bulan lalu karena sakit kanker.

Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kemenkumham Adek Kusmanto kepada kumparan, Rabu (6/6), mengatakan terpidana seumur hidup bernama Tan Duc Thanh Nguyen meninggal dunia pada 19 Mei 2018 pukul 07.10.

"Meninggal di Rumah Sakit Siloam MRCC Semanggi karena kanker lambung stadium IV," kata Adek.

Nguyen selama ini mendekam di lapas Cipinang setelah bersama sembilan orang lainnya mencoba menyelundupkan heroin seberat 8,3 kg di Bali pada April 2005, karena itulah mereka dijuluki Bali Nine.

Dua pemimpin komplotan itu, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, divonis mati dan telah dieksekusi pada 29 April 2015. Sementara enam tersangka lainnya, termasuk Nguyen, divonis seumur hidup. Seorang tersangka divonis 20 tahun penjara.

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia telah mengkonfirmasi kematian Nguyen dengan mengatakan bahwa mereka "telah memberikan bantuan konsuler kepada keluarga pria Australia yang meninggal akibat sakit keras di Indonesia."

Adek mengatakan, Nguyen telah dirawat sejak Oktober 2017 di RSU Syaiful Anwar Malang. Pada Januari lalu dia dipindahkan ke RSCM, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan, termasuk dilakukan kemoterapi, sebelum akhirnya dipindahkan ke RS Siloam pada April.

"Pada 13 april 2018 rawat inap lanjutan RS Siloam tindakan dan kesehatan semakin menurun. Pada 19 mei 2018 meninggal dunia jam 07:10 WIB di RS siloam," kata Adek.

Menurut Adek, jenazah Nguyen telah dipulangkan ke Australia, dijemput oleh ibu angkatnya pada 22 Mei lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23