Pencarian populer

Seorang Pria Dibui karena Hina Raja Kamboja di Facebook

Ilustrasi Penjara (Foto: Thinkstock)

Seorang pria bernama Leng Cholsa divonis penjara tiga tahun oleh Pengadilan Kamboja, Rabu (9/1). Vonis itu diberikan karena Cholsa menghina Raja Kamboja, Yang Mulia Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamon di Facebook.

"Pengadilan mengumumkan putusan terhadap Leng Cholsa yang menghukumnya 3 tahun penjara dan memerintahkan dia membayar lima juta riel (USD 1.250)," kata juru bicara Pengadilan Kota Phnom Penh Y Rin, dikutip dari Reuters, Kamis (10/1).

Menurut Rin, Cholsa terbukti menghina Raja Kamboja pada Juni 2018. Atas perbuatannya, Cholsa dinyatakan melanggar Undang-undang Lese Majeste yang disahkan Kamboja pada Februari 2018.

Raja Kamboja Norodom Sihamoni (Foto: Reuters/Pring Samrang)

Undang-undang Lese Majeste adalah peraturan yang memberi wewenang jaksa untuk mengajukan tuntutan pidana atas nama kerajaan melawan siapa saja yang dianggap menghina raja dan keluarga kerajaan.

Sebelum Cholsa, UU Lese Majeste juga pernah membuat seorang anggota Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) dipenjara. Diketahui CNRP merupakan sebuah partai oposisi yang dibubarkan pemerintah Kamboja pada 2017. Partai tersebut dibubarkan karena diduga merencanakan makar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23