Pencarian populer

Server Internet Rusak, 2.214 Siswa di Sumut Gagal Ikut Ujian Masuk SMA

Ilustrasi ujian sekolah. Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Ujian masuk SMA Negeri sesi I dan II melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Sumatera Utara mengalami kerusakan jaringan internet. Akibatnya, 2.214 siswa gagal mengikuti ujian.

"Jaringan (bermasalah) lemot, istilahnya. Sudah kita surati cabang dinas," ujar Ketua Panitia PPDB 2019, Ruslan, kepala wartawan, Jum'at (14/5).

Jaringan rusak itu mengakibatkan banyak server menampilkan tulisan error '504 Gateway Time-out' dan 'The server didn't respond in time'. Akibatnya, ujian akan kembali dilanjutkan pada Sabtu (15/6).

"Besok dilanjuti kembali ujiannya. Untuk seluruh sekolah mengalami gangguan jaringan sebanyak 59 sekolah di Sumatera Utara," ujar Ruslan.

"Sekitar 30 menit pelaksanaan ujian dilangsungkan, kami mendapat banyak laporan dari cabang dinas pendidikan bahwa ada gangguan pada server di setiap sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara PPDB,” tuturnya.

Ujian PPDB pada 2019 berlangsung pada 14-15 Juni 2019. Di hari pertama, dilakukan empat sesi ujian oleh 59 SMA di seluruh Kabupaten/Kota se Sumut. Ruslan memastikan server internet pada ujian gelombang ketiga dan keempat yang diikuti 908 peserta sudah mulai normal.

"Sesi ketiga, berdasarkan laporan, ada sekolah yang penyelenggaraannya mengalami gangguan server, ada juga yang sudah lancar. Namun untuk sesi keempat, semuanya lancar,” ujar Ruslan.

Kata Ruslan, saat ini pihaknya sedang mengkaji secara teknis pelaksanaan PPDB 2019. Peristiwa rusaknya server ditengarai terjadi karena banyaknya pengguna internet pada sesi pertama dan kedua.

“Bisa saja pada sesi pertama dan kedua, penggunaannya terlalu banyak. Jadi server terlalu berat. Karena pada sesi keempat, pelaksanaannya sudah lancar,” tuturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31