• 0

Setelah Serangan di Mapolda, Pemprov Riau Galakkan Siskamling

Setelah Serangan di Mapolda, Pemprov Riau Galakkan Siskamling


Pengamanan Polda Riau

Pengamanan Polda Riau (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Setelah serangkaian aksi teror di beberapa daerah dalam seminggu terakhir, para pimpinan daerah mengeluarkan kebijakan pengamanan yang lebih intens. Salah satunya meningkatkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling).
Kebijakan itu juga diterapkan Pemerintah Provinsi Riau sebagai antisipasi ancaman terorisme pascainsiden teror di Mapolda Riau, Rabu (16/5), yang menewaskan seorang polisi.
"Maklumat bersama itu intinya berupa kewajiban mengaktifkan siskamling di lingkungan masyarakat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Kamis (17/5), dilansir Antara.
Maklumat bersama yang diterbitkan sejak Kamis lalu ini ditandatangani oleh Plt Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, dan Kepala BIN Riau.

Ilustrasi siskamling

Ilustrasi siskamling. (Foto: Antara )
"Maklumat ini merupakan kewajiban untuk dilaksanakan oleh bupati, wali kota, dari camat, kepala desa hingga ketua RT," jelas dia.
Selain imbauan untuk mengaktifkan siskamling, maklumat ini juga mewajibkan pengurus RT dan RW setempat mengadakan kembal fungsi wajib lapor bagi tamu dalam waktu 1x24 jam.
Para pengurus RT dan RW juga diimbau untuk melakukan pendataan terhadap kontrakan dan indekos beserta penghuninya di wilayahnya masing-masing. Siskamling dan pendataan ini juga diharapkan melibatkan aparat desa atau kelurahan, Bhabinkamtibnas dan Babinsa.
"Melaporkan segera kepada petugas Polri serta aparat terkait lainnya apabila ada informasi terkait aktivitas dan orang-orang yang dicurigai sebagai pelaku aksi teroris," ujar Wan Thamrin.
Pemerintah kabupaten atau kota juga diperintahkan untuk tidak menggelar kegiatan yang bersifat mengundang keramaian. Setidaknya sampai kondisi keamanan dinilai sudah kondusif. Termasuk meniadakan kegiatan tradisi menyambut Ramadhan, seperti mandi balimau dan petang megang (tradisi mandi menggunakan jeruk nipis).
Upaya mengaktifkan siskamling juga sudah didorong oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sebagai antisipasi dini aksi terorisme. Pencegahan harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, karena mereka bertanggung jawab menjaga lingkungannya masing-masing.

NewsTeroris di RiauKeamananRegionalRiau

presentation
500

Baca Lainnya