Pencarian populer

Setnov Mulai Cicil Uang Pengganti USD 100 Ribu

Febri Diansyah, juru bicara KPK (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)

KPK menyatakan terpidana kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah mulai mencicil pembayaran uang pengganti sebesar 7,3 juta Dolar Amerika Serikat yang tercantum dalam amar putusannya.

"Iya, selain Rp 5 miliar yang dititipkan sebelumnya, ada cicilan dalam bentuk USD yang dilakukan," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi Kumparan, Rabu (30/5).

Febri menyebut Setnov melalui tim kuasa hukumnya, mulai mencicil uang pengganti itu. Uang senilai 100 ribu Dolar Amerika disebut Febri telah dibayarkan Setnov ke KPK sebagai bagian pelunasan uang pengganti sebesar 7,3 juta Dolar Amerika Serikat.

"Pihak SN (Setya Novanto) sudah mulai mencicil uang pengganti sebesar 100.000 USD," kata Febri.

Setya Novanto di Pengadilan Tipikor. (Foto: Antara Foto/Sigid Kurniawan)

Pembayaran uang pengganti dalam bentuk mata uang Dolar Amerika Serikat, dikatakan Febri dilakukan KPK sesuai dengan apa yang tertuang dalam amar putusan hakim terhadap Setnov.

"KPK tentu akan memperhatikan aturan yang berlaku terkait eksekusi ini, termasuk jika asas yurisprudensi yang tepat," katanya.

Dalam kasus ini Setya Novanto dinilai bersalah melakukan tindak pidana korupsi terkait proyek e-KTP oleh majelis hakim. Majelis pun menilai bahwa Setnov terbukti memperoleh keuntungan dari proyek e-KTP.

Hakim menilai Setnov menerima uang sekitar USD 7,3 juta dari proyek tersebut. Oleh karena itu, hakim membebankan Setya Novanto uang pengganti sebesar apa yang dia terima.

"Menghukum terdakwa (Setnov) uang pengganti USD 7,3 juta dikurangi dengan Rp 5 miliar yang sudah diberikan ke KPK," kata ketua majelis hakim Yanto saat membacakan amar putusan Setnov di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: