kumparan
24 Apr 2019 17:40 WIB

Siap Bertemu Putin, Kim Jong-un Tiba di Rusia

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat tiba di stasiun kereta api. Foto: Reuters/Shamil Zhumatov
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Rabu (24/4) tiba di Vladivostok Rusia. Di kota pelabuhan itu, Kim berencana bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.
ADVERTISEMENT
Persiapan pertemuan Kim dan Trump dirahasiakan kedua negara. Bahkan pengumuman mengenai rencana pertemuan baru diumumkan ke publik di menit-menit akhir sebelum Kim Jong-un berangkat ke Rusia.
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berbicara dengan Gubernur Primorsky, Oleg Kozhemyako. Foto: Reuters/Shamil Zhumatov
Kim yang telah berada di Vladivostok berharap pertemuannya dengan Putin bisa membantu mencari jalan keluar persoalan nuklir di Semenanjung Korea.
"Saya harap kunjungan ini dapat berhasil dan bermanfaat," sebut Kim seperti dikutip dari AFP, Rabu (24/4).
"Saya berharap selama perundingan nanti, saya dapat melakukan diskusi konkret tentang penyelesaian masalah di Semenanjung Korea dan pengembangan hubungan bilateral (Korut-Rusia)," sambung dia.
Iring-iringan mobil pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat tiba di Rusia. Foto: Reuters/Shamil Zhumatov
Putin hingga kini belum tiba di Vladivostok. Ia masih berada di China untuk menghadiri KTT Belt and Road. Orang nomor satu di Rusia itu dijadwalkan tiba kota pertemuan Kamis (25/4).
ADVERTISEMENT
Pertemuan Kim-Putin dilakukan selang beberapa bulan setelah KTT AS-Korut di Hanoi. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Kim di Vietnam gagal menghasilkan kesepakatan apapun mengenai pelucutan nuklir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan