Pencarian populer

Sidak ke Puskesmas Setiabudi, Ombudsman Dapati Semua Dokter PNS Cuti

Ilustrasi dokter Foto: Pixabay
Ombudsman memantau sejumlah lembaga pelayanan umum. Ada dua tempat yang didatangi, yaitu Puskesmas Setiabudi dan Polsek Cempaka Putih.
ADVERTISEMENT
Di Puskesmas Setiabudi, tim Ombudsman mengecek kelengkapan umum puskesmas serta tenaga medis yang bertugas. Pada pengecekan itu, tim mendapati tidak ada dokter PNS yang bertugas. Sehingga penanggungjawab harian pun diemban kepada dokter yang berstatus kontrak.
“Kami concern soal tadi, ya, puskesmas ini dijalankan selama masa libur oleh dokter yang non PNS. Dokter PNS-nya semua cuti,” ungkap anggota Ombusdman, Adrianus Meliala di lokasi, Jumat (7/6).
“Saya kira enggak tepat begitu karena penanggungjawabnya ada pada dokter PNS di puskesmas. Maka itu tidak seyogyanya hanya diserahkan pada teman-teman dengan status kontrak seperti ini," tuturnya.
Adrianus mengatakan timnya akan segera menyurati Dinas Kesehatan DKI Jakarta terkait hal ini. Menurutnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta harus mengevaluasi kinerja para dokter PNS.
ADVERTISEMENT
“Maka ini menjadi perhatian, terutama pada Dinas Kesehatan DKI,” imbuhnya.
Sidak ini tidak hanya dilakukan di Jakarta, namun di seluruh wilayah di Indonesia, untuk memantau kesiapan setiap lembaga dalam melayani publik, khususnya di masa libur Lebaran ini. Hasil pemantauan nantinya akan disampaikan dalam bentuk saran kepada penanggungjawab lembaga terkait sebagai bahan evaluasi.
“Nanti itu kami panggil dulu instansinya. Jadi mereka dengar hasil kami dari seluruh Indonesia,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85