kumparan
7 Jun 2019 14:03 WIB

Sidak Ombudsman ke Rutan Pondok Bambu: Bersih dan Asri

Ombudsman Republik Indonesia sidak ke Rutan Kelas II A Jakarta Timur. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Ombudsman melakukan sidak ke Rutan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Sidak berlangsung sekitar 45 menit, dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 11.45 WIB.
ADVERTISEMENT
Di rutan, tim pemantau Ombudsman mengecek layanan warung telekomunikasi, lalu memeriksa blok masa pengenalan lingkungan serta melihat dapur umum untuk warga rutan. Dari pengecekan itu, Ombudsman tidak menemukan masalah yang cukup mencolok.
“Memang secara umum itu untuk konteks rutan wanita itu memang umumnya tidak ada masalah, pertama-tama memang penghuninya kurang lebih patuh hukum, tidak banyak masalah lah dibandingkan rutan pria. Nah, untuk itu pun kita tetap saja melakukan pemantauan karena selalu ada hal yang penting untuk kita lihat, ada hal yang baru yang bisa kita lihat blok mapenaling, demikian juga dapur, dan beberapa tempat yang lain,” ungkap Anggota Ombudsman Adrianus Meliala usai pemantauan, Jumat (7/6).
Ombusdman Republik Indonesia sidak ke Rutan Kelas II A Jakarta Timur. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Adrianus menyebut, kondisi rutan cukup bersih dan asri. Hal tersebut, kata Adrianus, berdampak positif pada kesehatan warga rutan.
ADVERTISEMENT
“Pada umumnya dan seperti dugaan kita memang situasi yang bersih, asri, dan semoga hal itu bisa membantu para warga binaan, tahanan, dalam rangka menjalani masa penahanannya sehingga kemudian nanti akhirnya bisa segar dan tidak sakit. Saya rasa tidak banyak yang menarik, ini semua baik,” jelas Adrianus.
Namun, Adrianus memberi penekanan terkait penggunaan telepon wartel. Adrianus menyarankan agar pihak rutan memegang rekaman aktivitas komunikasi warganya. Karena saat ini sistem operasional fasilitas tersebut masih bekerja sama dengan pihak ketiga.
“Tapi untuk yang kedua belum dipastikan bahwa record atau data tentang siapa menelepon siapa itu belum ada, makannya kami menyarankan agar kemudian pihak rutan juga bertanya memastikan bahwa ada record yang dipegang oleh rutan,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Di kesempatan yang sama, Kepala Rutan Pondok Bambu, Eko Suprapto menginformasikan bahwa seluruh jajarannya tetap bertugas selama lebaran. Selain itu, situasi rutan masih kondusif.
“Petugas sudah bertugas selama lebaran. Pantauan warga binaan yang dibesuk oleh keluarganya semua aman dan tidak ada satu hal apapun,” ucap Eko.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan