kumparan
24 Jan 2018 16:39 WIB

Silaturahim ala Aqua Dwipayana: Beri Motivasi hingga Mancanegara

Aqua Dwipayana saat sharing (Foto: Dok. Pribadi)
Hidup Aqua Dwipayana lebih banyak dihabiskan di perjalanan dibanding di rumahnya. Tiap hari, motivator komunikasi ini mempraktikkan jurus silaturahim.
ADVERTISEMENT
Salah satu silaturahim yang ia lakukan dengan cara memberi sharing dan motivasi kepada banyak pihak. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Seperti kali ini, Aqua bersilaturahim ke Australia dan Selandia Baru.
Mobilitas Aqua cukup tinggi. Suatu hari dia di Surabaya, besoknya sudah di Ambon, besoknya lagi di Papua, hari berikutnya di Bali. Mobilitas seperti itu, ia lakukan secara rutin sejak sekian tahun lalu. Dia memberikan sharing komunikasi dan motivasi kepada para staf dan pejabat BUMN, TNI, Polri, juga kalangan swasta maupun mahasiswa atau komunitas.
Pada 20 Januari 2018, Aqua terbang ke Australia. Dia sebenarnya punya agenda liburan bersama keluarga. Tapi, karena hobinya memang silaturahim, maka Aqua juga sekalian mengisi sharing komunikasi dan motivasi ke staf KJRI dan KBRI di Australia. Rute Aqua: Melbourne-Canberra-Sydney. Setelah itu, Aqua akan melanjutkan perjalanan ke Selandia Baru hingga akhir Januari.
ADVERTISEMENT
Selama di Melbourne, Aqua bertemu beberapa WNI dan pejabat KJRI. Salah satu yang ia temui, adalah Ade Faisal, tokoh masyarakat Indonesia di Melbourne, yang sering membantu mahasiswa-mahasiswa Indonesia. Mantan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad yang Maret mendatang menjadi Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein mengakui Ade Faisal adalah teman diskusi saat kuliah di Monash University 1992-1996. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Deddy Mulyana juga mengaku dibantu Ade saat kuliah di Monash.
Aqua bertemu Konjen RI di Melbourne (Foto: Dok. Pribadi)
Sebelum meninggalkan Melbourne, Aqua yang ditemani putranya Savero Karamiveta juga bertemu Acting Konsul Jenderal (Konjen) RI di Melbourne Zaenal Arifin. Aqua membagi buku best seller ‘The Power of Silaturahim: Kiat Sukses Menjalin Komunikasi’ yang ia tulis dan buku ‘Produktif Sampai Mati’ karya Erwan Widyarto.
ADVERTISEMENT
“Kemarin saya memberikan sharing komunikasi dan motivasi di KBRI Canberra dan Kamis besok saya akan berikan sharing komunikasi dan motivasi di KJRI Sydney. Mohon doanya,” kata Aqua kepada kumparan, Rabu (24/1).
Sharing komunikasi dan motivasi di Canberra diikuti oleh Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Australia merangkap Vanuatu Yohannes Kristiarto S. Legowo bersama puluhan home staff dan Dharma Wanita Persatuan. Dalam sharing-nya, Aqua meminta para diplomat dan staf untuk selalu bersyukur dan mengoptimalkan potensi diri.
“Tidak semua orang punya kesempatan tugas di sini. Kita juga harus bersyukur karena dipimpin dubes yang sangat berpengalaman dan selama ini banyak memberi keteladanan,” ujar Aqua yang juga meminta untuk selalu menjaga nama baik Indonesia dengan bertutur kata dan berperilaku yang baik.
ADVERTISEMENT
Dubes Kristiarto S. Legowo mengapresiasi sharing komunikasi dan motivasi yang dilakukan Aqua. “Semua yang disampaikan Pak Aqua sangat bermanfaat untuk keberhasilan tugas-tugas di KBRI Canberra. Terima kasih banyak untuk semua motivasi,” kata Kristiarto.
Aqua bersama Ade Faisal (Foto: Dok. Pribadi)
Sebelumnya Aqua sudah pernah memberikan sharing komunikasi dan motivasi kepada para petugas KBRI dan KJRI, serta mahasiswa Indonesia di berbagai negara. Antara lain Iran, India, Turki, Pakistan, Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, Italia, Hungaria, Bratislava, Belanda, Jerman, Malaysia, Laos, dan Filipina.
Silaturahim dan sharing yang ia lakukan selama ini ternyata dipantau Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). Lembaga ini memberikan penghargaan kepada Aqua yang baru saja berulang tahun ke-48 pada 23 Januari kemarin. Ketua Umum Leprid Paulus Pangka menilai Aqua sebagai tokoh motivator dan komunikator yang tiada henti melakukan silaturahim.
ADVERTISEMENT
“Hampir setiap hari selama belasan tahun bersilaturahim dengan berbagai orang di Indonesia maupun puluhan negara tanpa memandang suku, agama, asal-usul, dan jabatan. Semuanya dilaksanakan tanpa pamrih, penuh ketulusan, dan secara universal dengan menghargai manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan,” kata Paulus.
Paulus menilai aktivitas silaturahim tersebut dilakukan Aqua dengan konsisten dan kontinyu. “Bahkan yang sangat menginspirasi orang banyak, Aqua memberi motivasi kepada ratusan ribu prajurit TNI dan Polri di seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia dan yang sedang bertugas di puluhan negara secara gratis. Inilah salah satu bentuk komitmen beliau pada bangsa dan negara Indonesia,” kata Paulus.
Paulus juga mengapresiasi buku yang ditulis Aqua yang berjudul ‘The Power of Silaturahim : Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi’ yang pada terbit perdana April 2016 dan dicetak 20.000 eksemplar. Dalam tempo 8 bulan telah 5 kali cetak dengan total 100 ribu eksemplar sehingga buku itu masuk kategori super best seller.
ADVERTISEMENT
“Ini luar biasa dan belum pernah ada buku umum yang sedemikan banyak dicetak pada terbitan perdana. Juga dalam waktu relatif singkat - tidak sampai setahun - 5 kali cetak dengan total 100 ribu eksemplar. Lebih dahsyat lagi sebagian dari royalti penjualan buku tersebut telah dipakai untuk membiayai umrah sebanyak 35 orang pada 8 Januari 2016 lalu. Hebatnya sebagian orang yang diberangkatkan umrah itu yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia sebelumnya belum pernah kenal sama Pak Aqua Dwipayana,” tutur Paulus.
Aqua sharing di KBRI Canberra (Foto: Dok. Pribadi)
Leprid memberikan 4 penghargaan sekaligus kepada Aqua. Yaitu: Motivator dan Komunikator yang Secara Konsisten dan Kontinyu Setiap Hari Bersilaturahim dengan Berbagai Orang dan Lembaga baik di Indonesia maupun di puluhan negara, Motivator dan Komunikator yang memberi motivasi dan inspirasi kepada Ratusan Ribu Prajurit TNI dan Polri yang bertugas di Seluruh Indonesia dan Puluhan Negara Secara Gratis.
ADVERTISEMENT
Selain itu ia juga mendapatkan penghargaan Penulis Buku dengan Edisi Terbitan Perdana Terbanyak, 20.000 Eksemplar dan Dalam waktu 8 bulan telah dicetak sampai 5 kali dengan total 100 ribu eksemplar (The Power Of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi) dan Penulis Buku yang Royalti Bukunya telah Membiayai Umrah Sebanyak 35 orang (The Power of Silaturahim : Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi).
“Rencana semula keempat Penghargaan dari LEPRID tersebut akan diberikan langsung ke Pak Aqua Dwipayana pada Selasa kemarin di salah satu kota di Indonesia. Namun karena saat ini beliau sedang melakukan lawatan silaturahim ke Australia dan Selandia Baru sehingga pemberian penghargaannya ditunda hingga Pak Aqua Dwipayana kembali ke Tanah Air,” kata Paulus.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·