kumparan
5 Jun 2018 15:19 WIB

Singapura Rilis Medali Emas Perdamaian Kim Jong-un dan Donald Trump

Medali peringatan Kim Jong-un dan Donald Trump. (Foto: The Singapore Mint/Handout via REUTERS)
Singapura pada Selasa merilis medali peringatan pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Sedianya, pertemuan itu akan berlangsung pada 12 Juni mendatang.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, Selasa (5/6), ada beberapa versi bahan pembuat medali tersebut, salah satunya emas. Untuk yang versi emas, harga sebuah medali ini mencapai lebih dari USD 1.000 atau sekitar Rp13,8 juta.
Medali peringatan Kim Jong-un dan Donald Trump. (Foto: The Singapore Mint/Handout via REUTERS)
Medali itu bertuliskan "World Peace" atau perdamaian dunia, lengkap dengan gambar burung merpati dan ranting zaitun sebagai perlambang perdamaian. Terdapat juga bunga mawar dan magnolia yang merupakan simbol Singapura.
Sementara sisi lainnya bergambar dua tangan yang berjabatan, dengan bendera AS dan Korea Utara di belakangnya.
Koin Donald Trump dan Kim Jong-un. (Foto: AFP/Stringer)
Sebelumnya Amerika Serikat juga merilis medali serupa, bergambar Kim Jong-un dan Donald Trump. Akibat rencana Trump membatalkan pertemuan dengan Kim, medali itu laris manis dibeli sebagai kenang-kenangan.
Rencananya pertemuan Trump dan Kim akan berlangsung pada 12 Juni mendatang. Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari perbincangan Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, membicarakan upaya perdamaian dan denuklirisasi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan