kumparan
15 Mar 2019 18:47 WIB

Slank Tegaskan Dukung Jokowi: Golput Itu Usang

SLANK berfoto bersama dalam acara peluncuran video klip #Barengjokowi di Markas Slank, Jumat (15/3). Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Salah satu grup musik Indonesia, Slank, menilai fenomena golput sebagai sikap politik yang usang di era saat ini. Hal itu disampaikan personel Slank, Bimbim, dalam peluncuran video klip #BarengJokowi di markas Slank, Jalan Potlot III, Jakarta Selatan, Jumat (15/3).
ADVERTISEMENT
“Di era Orde Baru, golput seksi, ini anak melawan banget penguasa. Kalau hari ini golput gua rasa usang dan malah kita anggap enggak berani bersikap. Ini zaman demokrasi, perjuangannya beda," ujar drummer Slank, Bimbim di lokasi.
Ia menilai, tidak menyatakan sikap politik di era demokrasi ini merupakan bentuk ketidakpedulian terhadap Indonesia. Lebih jauh, hal itu merupakan sebuah bentuk apatisme.
“Justru banyak yang mengganggap malah enggak bersikap. Apatis dan dianggap enggak peduli. Beda zaman dulu sama hari ini, kita harus mencoba hidup di era sekarang,” lanjutnya.
Personel SLANK, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim dalam acara peluncuran video klip #Barengjokowi di Markas Slank. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Atas alasan itu juga Slank yang pada tahun 2014 mendukung Jokowi, kembali menyatakan dukungan terhadap sang calon petahana pada Pilpres 2019 ini. Hal itu mereka buktikan dengan inisiatif membuat video klip #BarengJokowi yang mereka luncurkan hari ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, personel Slank lainnya, Abdee, menyebut selama ini mereka tak sekadar mendukung. Slank juga mengikuti apa yang dilakukan Jokowi dan bahkan ikut memberikan masukan dan protes pada capres nomor urut 01 itu.
“Kita kan sejak 2014 mendukung Jokowi. Selama ini kita ngikutin apa yang dilakukan Pak Jokowi, mengamati dan kadang memberikan masukan. Pernah juga sedikit protes,” tutur Abdee.
Personel SLANK, Abdi Negara alias Abdee dalam acara peluncuran video klip #Barengjokowi di Markas Slank. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
“Kalau soal dukung mendukung ya sama-sama sih. Kita mendukung beliau, beliau juga mendukung kita para artis, seniman,” lanjutnya.
Selain meluncurkan video klip, Slank juga berencana akan menggelar konser #BarengJokowi pada 13 April mendatang.
“Insyaallah 13 April di GBK kita mau bikin konser rame-rame buat Jokowi. Abis itu ingin menegaskan kita ini gerakan moral. Kita enggak pengin apa-apa, kita ajak orang untuk terus berjuang,” terang Bimbim.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan