Pencarian populer

Soal Rizieq, Gerindra Sebut Prabowo dan Jokowi Akan Bertemu Lagi

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Salah satu syarat yang dilontarkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan Gerindra soal rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi)-Prabowo Subianto adalah kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab ke tanah air.
ADVERTISEMENT
Lalu, setelah pertemuan mesra Jokowi dan Prabowo pada Sabtu (13/7) lalu, bagaimana nasib Rizieq?
"Kan ini pertemuan pertama, kan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya," kata Wasekjen Gerindra, Andre Rosiade, saat dihubungi, Minggu (14/7).
Ketika ditanya apakah pertemuan tersebut juga akan membahas nasib kepulangan Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi, Andre tak menjawab pasti. "Pokoknya, intinya, akan ada pertemuan selanjutnya, antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo," ungkap Politikus asal Sumatera Barat itu.
Di sisi lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan tidak ada pembahasan mengenai pemulangan Rizieq dari Arab Saudi saat Jokowi dan Prabowo bertemu. Pramono menuturkan, pertemuan keduanya terlaksana tanpa syarat apapun.
"Dan juga enggak ada syarat-syarat seperti yang disampaikan. Pertemuan hari ini betul-betul enggak ada syarat apapun, ya.Termasuk syarat memulangkan siapa saja, enggak ada," tegas Pramono di fX Sudirman, Senayan, Jakarta, Sabtu.
Juru Bicara BPN, Andre Rosiade Foto: Jodi Hermawan/kumparan
Syarat rekonsiliasi itu sebelumnya diungkapkan Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurutnya, penjaminan kepulangan Rizieq adalah salah satu janji kampanye Prabowo yang harus menjadi perhatian khusus.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo berjalan bersama di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro
"Ada program Pak Prabowo yang baik, bisa diadaptasi oleh kubu Pak Jokowi. Salah satu yang saya pikir menjadi perhatian khusus kami, Pak Prabowo dulu pernah meminta Habib Rizieq kembali," kata Dahnil saat dihubungi kumparan, Sabtu.
ADVERTISEMENT
Dahnil mengaku pertemuan Sabtu lalu membuat pendukung Prabowo kecewa. Hal itu diungkapkan Dahnil melalui videonya di Youtube.
Habib Rizieq Syihab. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
"Saya mendapat ribuan text di handphone saya, juga dapat ribuan pesan di sosial media saya yang rata-rata itu berasal dari para relawan Prabowo-Sandi, emak-emak, anak muda yang rata-rata isi pesannya itu kecewa dengan pertemuan Prabowo dan Pak Jokowi di gerbong MRT, hari ini dan makan siang di fX Plaza. Terus terang, saya memahami perasaan sahabat sekalian," kata Dahnil dalam videonya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81