• 1

Solo Ride Jakarta-London: Rawannya Pakistan hingga Dinginnya Alpen

Solo Ride Jakarta-London: Rawannya Pakistan hingga Dinginnya Alpen


Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Rider sekaligus fotografer Stephen Langitan akan melakukan solo riding Jakarta-London. Stephen Langitan bukan orang baru di dunia otomotif. Dia kerap touring di berbagai bumi Nusantara dengan mengendarai motor.
Stephen memulai world tour solo ride-nya pada hari ini, Minggu (25/3), dari kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dia akan melakukan perjalanan sejauh 30.000 kilometer dari Jakarta ke London selama 145 hari.
Stephen akan melintasi 29 negara dengan motor Kawasaki Versys-X 250. Dia dijadwalkan tiba di Inggris bertepatan dengan HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018.
Tour dunia ini bukanlah perjalanan mudah. Stephen akan menjelajahi berbagai negara dengan kondisi alam, jalan dan medan yang ekstrem. Seperti jalan tertinggi di dunia, Khardungla Top di Northern India dengan suhu udara sangat dingin, gurun pasir di Pakistan-Iran, serta pegunungan Alpen di Eropa.
"Petualangan kami tidak hanya duduk di atas sepeda motor, tetapi juga mengeksplor lokasi terbaik sambil berkemah di alam terbuka. Hal ini akan kami lakukan di Northern India, Pakistan, dan pegunungan Alpen Eropa di saat musim panas," kata Stephen.
Tak hanya medan yang berat, kondisi keamanan negara yang dilintasi juga menjadi tantangan tersendiri. Stephen bahkan tak memiliki jaminan keamanan saat melintasi Pakistan. Meski demikian dia akan dikawal oleh militer setempat.
"Tantangannya adalah melewati daerah konflik di Pakistan. Saya harus tandatangani surat jaminan pemerintah kita tidak boleh menuntut kalau saya ketembak. Untuk melewati jalur itu untungnya kita dikawal tentara," ucap Stephen di Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (25/3).

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Aksi Solo Ride Adventure Jakarta-London yang dilakukan Stephen ini mendapat dukungan dari Kemenhub dan Korlantas Polri. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi dan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengingatkan agar Stephen selalu mengutamakan keselamatan berkendara.
Royke bahkan membekali Stephen dengan rompi antipeluru demi menjaga keselamatannya saat melintasi negara konflik.
"Memang yang rawan Pakistan ya. Rawan desingan peluru, untuk itu saya kasih rompi antipeluru," ujar Royke sebelum memberikan rompi.

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Stephen juga diminta untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara selama perjalanannya berkeliling dunia dengan motor.
Dikutip dari website Kawasaki, misi solo ride Jakarta-London ini adalah:
a. Membawa bendera Indonesia sekaligus membuktikan bahwa kegiatan olah raga sepeda motor bukan hanya sekedar balapan, tetapi juga sebagai kegiatan petualangan yang sekaligus menjadi jembatan 'Persahabatan Lintas Negara'.
b. Mewujudkan inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk menjelajah dunia seorang diri dengan tujuan membawa 'Salam Persaudaraan Indonesia' bagi masyarakat dunia.
c. Membuktikan semangat dan tekad seorang warga negara Indonesia yang siap menghadapi berbagai rintangan, alam maupun perbedaan sosial dan budaya dari berbagai negara.
Rute perjalanan yang telah dirancang oleh Stephen adalah sebagai berikut :
1. Asia: Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Nepal, India, Pakistan, Iran, Turki.
2. Uni Eropa: Armenia, Georgia, Yunani, Montenegro, Bosnia & Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Italia, Monaco, Vatican, Prancis, Andorra, Spanyol, Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman, Belanda, Belgia, Luksemburg.
3. Inggris.

NewsJakartaOtomotifSolo Travelling

presentation
500

Baca Lainnya