kumparan
30 Mar 2019 21:33 WIB

Solusi Prabowo untuk Modernisasi Alutsista: Kurangi Kebocoran Anggaran

Capres no urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat Debat Ke IV Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu, (30/3). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menjawab pertanyaan panelis mengenai cara memodernisasi alusista TNI dan almatsus Polri di tengah keterbatasan anggaran negara. Namun, peningkatan serta modernisasi di bidang pertahanan itu juga harus diikuti dengan semangat transparansi dan akuntabilitas.
ADVERTISEMENT
Menurut Prabowo, pertahanan keamanan adalah sangat penting bagi suatu negara. Karena, kata dia, kekayaan suatu bangsa hanya bisa dijaga dengan kekuatan pertahanan yang kuat.
"Karena itu saya menilai pertahanan Indonesia terlalu lemah, jauh dari yang diharapkan. Kenapa? karena kita tidak punya uang, karena itu kita harus menjaga keuangan kita. Ke mana keuangan kita? Keuangan kita kekayaan kita harta kita tidak tinggal di Indonesia. Karena itu kita lemah," kata Prabowo di lokasi debat pilpres, Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3).
Sehingga, menurut Prabowo, cara untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas alusista dan almatsus harus dengan cara menutup kebocoran kekayaan Indonesia yang selama ini lari keluar negeri.
"Jadi bagi saya, kita harus tingkatkan anggaran pertahanan, kita buat sistem hentikan kebocoran, kurangi korupsi, sehingga kekayaan Indonesia tidak mengalir ke luar negeri," tutup Prabowo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan