• 1

Sosok Kombes Rudi, Penembak Mati 3 Teroris yang Dapat Pin Emas Kapolri

Sosok Kombes Rudi, Penembak Mati 3 Teroris yang Dapat Pin Emas Kapolri


Kapolri beri penghargaan pada Dirlantas Polda Riau

Kapolri beri penghargaan pada Dirlantas Polda Riau (Foto: Dok. Humas Polri)
Kapori Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa kepada dua personel Polda Riau. Penghargaan ini diberikan karena keduanya dianggap berjasa dengan berhasil melumpuhkan empat teroris yang menyerang Mapolda Riau, Rabu (16/5) lalu.
Salah satu yang menerima penghargaan adalah Komisaris Besar Polisi Rudi Syarifudin yang berhasil melumpuhkan tiga di antara empat teroris. Rudi mendapatkan pin emas dari Kapolri.
Siapa sebenarnya sosok Kombes Rudi Syarifudin?
Kombes Rudi lahir di Bandung pada 1971. Ia merupakan lulusan akademi kepolisian angkatan 1994. Kini, Kombes Rudi menjabat sebagai Dirlantas Polda Riau. Jabatan tersebut ia tempati sejak November 2017 lalu menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Kombes Tulus Ikhlas Pamoji.
Sebelumnya, Kombes Rudi bertugas sebagai Dirlantas di Polda Sulawesi Barat. Posisi Dirlantas Sulbar yang ditinggal oleh Rudi diisi oleh Kombes Pol Chiko Ardwiyatto yang sebelummya menjabat Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri.
Setelah dilantik, Kombes Rudi langsung membuat gebrakan melalui beberapa program unggulan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Mengingat dirinya dilantik di akhir tahun, ia langsung menginstruksikan jajarannya untuk bekerja secara maksimal amankan lalu lintas dalam operasi Lilin dan tahun baru.
Beberapa program unggulan dari Kombes Rudi adalah pemberantasan pungutan liar, memaksimalkan pengguanaan pos polisi lalu lintas, dan memaksimalkan commander wish Kapolri agar masyarakat merasakan kehadiran polisi khususnya polantas di tengah masyarakat. Selain itu, kondisi arus lalu lintas di Riau menjadi perhatian Kombes Rudi mengingat pertumbuhan kendaraan di sana cukup tinggi.
Karena jasanya yang berhasil melumpuhkan teroris, Kapolri Tito Karnavian ingin menaikkan pangkat Kombes Rudi menjadi bintang satu atau brigadir jenderal polisi, namun saat ini posisi tersebut belum tersedia. Dengan demikian, untuk sementara, Kombes Rudi medapatkan pin emas dari Kapolri.

Ilustasi Kombes Rudy

Ilustasi Kombes Rudy (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)


NewsPolisiTeroris di RiauPolriRiau

presentation
500

Baca Lainnya