Pencarian populer

'Spiderman Prancis' Panjat Gedung Tertinggi di Seoul

Alain Robert Panjat Lotte World Tower (Foto: Jung Yeon-je / AFP)

Alain Robert berusaha memanjat gedung tertinggi kelima di dunia, Lotte World Tower di Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (6/6). Dia memanjat gedung tersebut sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada dua Korea yang sedang dalam proses perdamaian.

Pria berusia 55 tahun yang dijuluki 'Spiderman Prancis' itu memanjat Lotte World Tower dengan tangan kosong. Tindakannya ini memaksa petugas keamanan untuk meringkusnya.

"Saya sudah mendaki sekitar 75 lantai, setelah itu saya seperti kucing dan anjing (dengan petugas)," kata Robert dikutip dari AFP, Rabu (6/6).

Lotte World Tower, Korea Selatan (Foto: Flickr / Michael Mellinger)

Robert mengatakan pendakian yang ia lakukan untuk merayakan upaya perdamaian yang baru-baru ini terjadi antara dua Korea. Dia pun berharap kepada pihak berwenang untuk mempertimbangkan maksud baiknya.

"Saya mungkin akan mendapatkan konsekuensi yang besar, tapi saya melakukannya karena apa yang terjadi sekarang antara Korea Selatan dengan Korea Utara," kata Robert.

"Ini cara saya untuk mengungkapkan terima kasih kepada Kim Jong-un dan Moon Jae-in," lanjutnya.

Alain Robert Panjat Lotte World Tower (Foto: Jung Yeon-je / AFP)

Mobil pemadam kebakaran dan polisi bergegas datang ke lokasi setelah salah satu penjaga melaporkan melihat Robert mendaki gedung tersebut.

"Sangat disayangkan," kata juru bicara Lotte World Tower You In-sik.

"Dia memanjat tanpa izin. Ini berbahaya," lanjutnya.

Robert sendiri memegang rekor dunia dalam kategori orang yang paling banyak memanjat gedung tanpa alat bantuan.

Alain Robert Panjat Lotte World Tower (Foto: Jung Yeon-je / AFP)

Keberhasilannya meliputi banyak gedung pencakar langit tertinggi dan bangunan ikonik, seperti Menara Eiffel, Gedung Opera Sydney, Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur dan Burj Khalifa di Dubai.

Di tempat-tempat itu, Robert menggunakan perangkat hisap dan tali pengaman karena tidak terdapat pijakan. Namun, pendakian Robert tidak selalu berjalan mulus. Ia beberapa kali terjatuh saat melakukan pendakian. Dia juga beberapa kali ditahan karena aksinya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61