kumparan
17 Mar 2019 21:14 WIB

Strategi Sandi Atasi Pengangguran: Luncurkan Rumah Siap Kerja

Cawapres no urut 02, Sandiaga Uno menyampaikan pendapatnya saat Debat Ketiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Minggu, (17/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyebut sumber daya manusia (SDM) di Indonesia sangat banyak. Sayangnya, minimnya lapangan kerja menyebabkan banyaknya pengangguran.
ADVERTISEMENT
Sandi secara khusus menyoroti tingginya angka pengangguran di kalangan lulusan SMK karena kurangnya lapangan kerja. Karena itu, strategi Sandi untuk meminimalisir pengangguran adalah dengan mendirikan Rumah Siap Kerja.
"Rumah Siap Kerja yang baru diluncurkan menawarkan link and match, karena sangat ironis siswa SMK mendominasi jumlah pengangguran 61 persen," kata Sandi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).
Menurut Sandi, Rumah Siap Kerja dapat menjadi solusi bagi masyarakat, khususnya siswa SMK yang masih menganggur. Selain itu, kata Sandi, nantinya Rumah Siap Kerja ini akan bekerja sama dengan perusahaan BUMN agar membuka kesempatan magang kepada anak-anak muda yang belum memiliki pengalaman di dunia kerja.
"Kita lihat bagaimana mereka akan merekrut dunia usaha. (Bekerja sama dengan) perusahaan BUMN agar mereka memberikan program magang kepada anak muda yang datang di rumah, mereka akan dapat keterampilan yang sesuai dengan revolusi industri 4.0," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Ada yang perlu mengasah keterampilan bahasa Inggris. Ini yang kami yakini akan mengurangi jumlah pengangguran 2 juta dalam 5 tahun," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan