kumparan
19 Agu 2018 17:29 WIB

Stuntman yang Diduga Gantikan Peran Jokowi Hapus Foto di Instagram

Screenshot Instagram Saddum yang unggah penampakan Behind The Scene sepeda motor video Jokowi (Foto: Instagram @saddum)
Sosok stuntman (pemeran pengganti) yang diduga mensukseskan video pendek pembuka Asian Games adalah Saddum, seorang pemuda Thailand. Dia ditengarai bertukar peran dengan Presiden Joko Widodo kala menampilkan aksi berbahaya di atas sepeda motor gede (moge).
ADVERTISEMENT
Nama Sadum mencuat lantaran dia sempat mengunggah foto di balik layar saat syuting video tersebut. Melalui akun instagramnya, @Saddum, dia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan sepeda motor Yamaha FZ1 tergantung di tali.
Foto itu lengkap dia bubuhkan dengan sebuah caption 'Behind The Scene'. Lalu dia mengunggahnya pada Jumat (3/8) silam. Memang, Saddum tak menjelaskan apakah benar dia adalah sang stuntman dalam video itu atau bukan. Namun, bio di akun Instagramnya menjelaskan bahwa dia seorang stuntmant profesional asal Thailand
"I’m stunts from Thailand. I dream to go play stunts around the world," tulis Saddum dalam profilnya.
Screenshot Instagram Saddum yang unggah penampakan Behind The Scene sepeda motor video Jokowi (Foto: Instagram @saddum)
kumparan masih dapat melihat unggahan Saddum itu pada Minggu (19/8) pukul 12.05 WIB. Namun saat kumparan mencoba melihat kembali unggahan itu sekitar pukul 16.40 WIB, rupanya unggahan itu sudah dihapus Saddum.
ADVERTISEMENT
Tak jelas alasan di balik penghapusan foto tersebut. kumparan juga belum dapat mengkonfirmasi hal ini langsung kepada Saddum. Namun terpisah, pihak panitia Asian Games enggan membeberkan hal ini
Sebelumnya, Direktur Kreatif Pembukaan Asian Games, Wishnutama, enggan buka mulut soal siapa sosok stuntman Jokowi. Menurut dia, soal stuntman adalah rahasia dapur. Tapi, ia memastikan Jokowi ikut terlibat dalam proses syuting.
"Jokowi benar-benar lihat shooting-nya, Paspampres juga dukung sekali. Itu rahasia dapur (siapa stuntman-nya), intinya saya shooting sama Presiden. Ini bagian dari entertain," ujar Wishnutama di GBK, Senayan, Sabtu (18/8) malam.
Jokowi pada acara opening ceremony Asian Games 2018. (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Sebelumnya, video yang ditampilkan dalam perhelatan Asian Games itu begitu mencuri perhatian publik. Tak sedikit yangmenyebut video itu sangat kreatif lantaran menempatkan Jokowi layaknya seorang bintang film laga.
ADVERTISEMENT
Namun tak sedikit pula yang menganggap bahwa Jokowi tengah melakukan pencitraan jelang Pilpres 2019. Ada pula yang menganggap bahwa Jokowi membohongi publik lantaran menggunakan stuntman dalam aksinya itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan